Comscore Tracker

Pembuat Paspor Minim, Kantor Imigrasi Geber Program Eazy Passport

Selama pandemik, pemohon paspor turun sampai 75 persen

Medan, IDN Times – Kantor Imigrasi Khusus (Kanimsus) Kelas I Medan terus menggeber program Eazy Passport. Program ini memudahkan masyarakat yang ingin membuat dokumen paspor.

Masyarakat pun cukup antusias dengan program itu. Lantaran, para pemohon dokumen paspor tidak perlu lagi datang ke kantor imigrasi untuk melakukan pengurusan.

“Dengan program ini, kita  yang menjemput bola ke masyarakat. Ini adalah bentuk negara hadir di tengah masyarakat,” ujar Kabid Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanimsus Kelas I Medan Widiyanto, Sabtu (10/4/2021).

1. Lebih dari 100 pemohon paspor dalam dua kali kegiatan

Pembuat Paspor Minim, Kantor Imigrasi Geber Program Eazy PassportKabid Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanimsus Kelas I Medan Widiyanto, berbincang dengan masyarakat pemohon dokumen paspor disela kegiatan Eazy Passport, Sabtu (10/4/2021).

Program ini sudah digelar sejak Maret 2021. Eazy Passport oleh Kanimsus Kelas I Medan, pertama kali digelar di Komplek Perumahan Mutiara Residence, Jalan Rumah Sakit Haji, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang. Dalam kegiatan pertama, ada 50 pemohon dokumen paspor.

“Memasuki bulan April masih banyak pemohon sehingga kita buat lagi di sini,” ujar Widiyanto.

Baca Juga: Rajin Push Up Setiap Hari, Kamu akan Rasakan 10 Manfaat Ini!

2. Protokol kesehatan tetap dijaga ketat

Pembuat Paspor Minim, Kantor Imigrasi Geber Program Eazy PassportKanimsus Kelas I Medan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan dokumen paspor dengan program Eazy Pasport. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Karena masih pandemik COVID-19, pihak imigrasi memberlakukan protokol kesehatan ketat. Pemohon paspor hanya boleh membuka masker ketika pengambilan foto. Antrean juga diberikan jarak cukup untuk mencegah penumpukan.

Dalam kesempatan kali ini, totalnya ada 57 permohonan paspor yang masuk. Baik paspor elektronik maupun nonelektronik.

“Kita tetap menjalankan prokes. Kita tetap mengantisipasinya dengan berbagai ketentuan yang ada,” ujar Widiyanto.

3. Selama pandemik, pemohon pembuatan paspor menurun drastis

Pembuat Paspor Minim, Kantor Imigrasi Geber Program Eazy PassportKanimsus Kelas I Medan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan dokumen paspor dengan program Eazy Pasport. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Eazy pasport juga digelar untuk mendongkrak angka pemohon paspor. Widiyanto mengakui, selama pandemik COVID-19, pemohon paspor memang mengalami penurunan. Bahkan penurunan mencapai 75 persen pada 2020.

Program Eazy Passport masih akan terus dilakukan. Komunitas masyarakat atau lembaga bisa membuat permohonan kepada pihak imigrasi untuk permohonan paspor secara masal.

“Masyarakat bisa menyurati kita. Nanti kita datang langsung. Tinggal penyesuaian waktu saja,” pungkasnya.

Baca Juga: Kisah Pesantren Al Hidayah, Didirikan Mantan Narapidana Teroris

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya