Comscore Tracker

Jumat Agung di Sumut Dikawal Tim Jibom dan 14 Ribu Personel Gabungan

Jemaat diperiksa ketat

Medan, IDN – Sejauh ini, ibadah Jumat Agung di Sumatra Utara berlangsung aman, Jumat (2/4/2021). Sebelum ibadah dimulai, tim dari Subden KBR Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut melakukan sterilisasi di sejumlah gereja. Upaya ini dilakukan untuk mencegah aksi-aksi terorisme.

Salah satu sterilisasi dilakukan di Gereja Katedral, Jalan Pemuda, Kota Medan. Sejak pagi, baik personil KBR maupun Jibom Detasemen Gegana Sumut sudah berada di Gereja-gereja prioritas.

1. Ruangan gereja, kendaraan hingga jemaat menjalani pemeriksaan

Jumat Agung di Sumut Dikawal Tim Jibom dan 14 Ribu Personel GabunganIDN Times/Arief Rahmat

Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Suheru menjelaskan, tindakan ini dilakukan supaya memberikan rasa aman kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah.

“Kita tingkatkan pengamanan, mulai dari internal Gereja dan dari kami akan saling koordinasi. Pemeriksaan dimulai dari setiap kendaraan yang masuk Gereja, kemudian identitas tamu maupun jemaah yang tidak dikenal,” katanya. 

Penjagaan akan dilakukan hingga Minggu (4/4/2021) pada perayaan paskah. “Kita bersama TNI akan memberikan pengawalan dan pengamanan penuh di setiap kegiatan ibadah di Gereja pada masa Paskah ini,” terang Suheru.

Baca Juga: Amankan Paskah di Binjai, Polisi dan TNI Bersenjata Siaga di Gereja 

2. Patroli juga digencarkan di rumah-rumah ibadah

Jumat Agung di Sumut Dikawal Tim Jibom dan 14 Ribu Personel GabunganIlustrasi aktivitas ibadah di gereja. ANTARA FOTO/Fauzan

Selain pengamanan, polisi juga melakukan patroli secara intens. Sebelumnya, Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak bersama jajaran TNI juga melakukan patroli pada Kamis (1/4/2021) malam.

"Dari pemantauan saya bersama Pangdam I/ BB, salah satunya di Gereja Katedral, serta laporan personil di Daerah. Pelaksanaan Ibadah Jumat Agung berjalan aman dan kondusi," katanya.

3. Total, 14 ribu personel kawal perayaan Paskah

Jumat Agung di Sumut Dikawal Tim Jibom dan 14 Ribu Personel GabunganFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Polda Sumut menurunkan tidak kurang dari 14 ribu personelnya untuk pengamanan perayaan paskah. Para personel disiagakan di seluruh gereja yang melaksanakan ibadah.

Hingga saat ini, belum ada laporan terkait gangguan ketertiban pada masyarakat. Polisi mengimbau supaya masyarakat tidak takut terhadap ancaman teror, tetap melaksanakan aktifitas rutin sebagaimana biasanya, namun tetap selalu waspada mengantisipasi aksi kejahatan.

"Polda Sumut juga berharap agar seluruh masyarakat tetap mentaati penerapan protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara, memakai masker, jaga jarak, serta menggunakan handsanitizer agar terhindar dari penularan Virus Corona," ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombe Hadi Wahyudi dalam keterangannya.

Baca Juga: Jelang Paskah, Tim Gegana Polda Sumut Sterilisasi Sejumlah Gereja

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya