F1 Powerboat Danau Toba, Pemprov: Perputaran Uang Rp212 M Per Hari

Gubernur Edy: Rakyat harus diuntungkan

Medan, IDN Times – Gelaran kejuaraan dunia perahu motor cepat atau F1 Powerboat di Danau Toba tinggal menunggu waktu. Kejuaraan akan digelar di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba pada 24-26 Februari 2023.

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara tengah membahas sejumlah persiapan menyambut gelaran itu. Gubernur Edy Rahmayadi ingin F1 Powerboat memberikan dampak ekonomi signifikan terhadap masyarakat.

“Untuk itu kita  siapkan anggaran APBD. Tapi rakyat harus diuntungkan,” ujar Edy Rahmayadi usai menggelar rapat dengan jajaran Forkopimda, Rabu (11/1/2023).

1. Potensi perputaran uang mencapai Rp212 miliar per hari

F1 Powerboat Danau Toba, Pemprov: Perputaran Uang Rp212 M Per HariGubernur Sumut Edy Rahmayadi usai rapat persiapan F1H2O Danau Toba, Rabu (11/1/2023). (Dok Diskominfo Sumut)

Edy menyampaikan, gelaran F1 Powerboat ini berpotensi membuat perputaran uang yang tidak sedikit. Karena nantinya, ada 10 tim pebalap dari 10 negara yang akan datang. Masing-masing tim disebut membawa sampai 300 orang.

Menurut Gubernur Edy Rahmayadi, ini akan memberikan dampak besar pada pariwisata dan perekonomian Sumut. Edy menyebut, potensi perputaran uang hingga Rp212 miliar per hari.  

“Ini event besar, internasional dan ribuan orang dari mancanegara akan hadir di Sumatera Utara, kita harus mempersiapkan itu semua, akomodasi, transportasi, termasuk kesiapan masyarakat kita sebagai tuan rumah,” kata Edy.

Baca Juga: 7 Fakta Seputar F1 Powerboat yang Akan Digelar di Danau Toba

2. Ingatkan pelayanan kepada wisatawan jangan sampai kapok ke Danau Toba

F1 Powerboat Danau Toba, Pemprov: Perputaran Uang Rp212 M Per HariPanorama Pulau Samosir dilihat dari Toba dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, Toba Samosir (IDN Times/Prayugo Utomo)

Manfaat ekonomi yang bisa diraup Sumut ini berasal dari penyerapan tenaga kerja, belanja akomodasi seperti hotel, transportasi, UMKM dan juga sektor-sektor lain di pariwisata. Edy Rahmayadi pun meminta seluruh masyarakat Sumut untuk ikut memeriahkan dan menyukseskan acara internasional ini.

“Masyarakat kita harus siap juga menyambut 3.000 lebih orang asing di tambah wisatawan nasional dan lokal khususnya di Danau Toba. Kebersihan, kerapian, dan keramahan, kita jaga bersama agar orang yang datang senang dan nyaman. Tidak punya pengalaman buruk datang ke Danau Toba, kita berikan yang terbaik,” kata Edy Rahmayadi yang juga sebagai Ketua Panitia Daerah dalam gelaran itu.

3. Polisi dan TNI jamin keamanan event

F1 Powerboat Danau Toba, Pemprov: Perputaran Uang Rp212 M Per HariTarian Sipitu Cawan khas Batak Toba menjadi daya tarik tersendiri selain pemecahan rekor MURI pemakaian Bulang Sulappei terbanyak dalam Festival Danau Toba 2019 Simalungun (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sementara itu Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, pihaknya bersama TNI sudah mempersiapkan pengamanan. Pihaknya juga sudah menyiapkan modifikasi lalu lintas demi kelancaran F1H20 di Danau Toba.

“Sudah jauh-jauh hari kita persiapkan seperti pembangunan arena, rencana pengamanan termasuk pos pengamanan dan transportasi untuk perlengkapan balap karena tanggal 16 Februari harus sudah masuk ke Balige perlengkapannya di dalam peti kemas dari Pelabuhan Belawan, itu sudah kita rencanakan dengan detail agar tidak ada kendala,” kata Panca.

Baca Juga: South East Asia Judo 2023 di Penang, Atlet Judo Sumut Sumbang Perak

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya