Dua Beruang Madu Terkena Jeratan Berhasil Dievakuasi

Ditemukan pertama kali oleh petani

Aceh, IDN Times – Dua Beruang Madu (Helarctos Malayanus) ditemukan terperangkap jeratan di Desa Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, Selasa (11/6). Satwa dilindungi  yang terancam punah itu ditemukan dalam keadaan lemah dengan kaki terperangkap.

Petugas langsung mengevakuasi satwa yang jadi Maskot Kota Balikpapan tersebut. Hingga akhirnya kedua beruang berhasil dievakuasi.

Baca Juga: Harimau Sumatera Jadi Teror Ternak Warga di Langkat

1. Ditemukan oleh warga saat pulang berkebun

Dua Beruang Madu Terkena Jeratan Berhasil DievakuasiIDN Times/ist

Penemuan dua beruang madu yang terperangkap ini  langsung menggerkan warga. Saat itu, Bashir, warga sekitar akan berangkat pulang dari kebun sekira pukul 10.00 WIB. Dia melihat kedua beruang dalam kondisi terjerat dengan kawat sling.

Petugas Seksi Pengelolaan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Wilayah I Blangpidie langsung bergerak ke lokasi begitu mendapat kabar.

“Petugas juga langsung meminta bantuan BKSDA Aceh, tim WCS-IP dan YOSL-OIC untuk melakukan evakuasi," kata Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Agung Widodo, Kamis (13/6).

2. Warga dan petugas berjaga di sekitar jeratan sebelum beruang madu di evakuasi

Dua Beruang Madu Terkena Jeratan Berhasil DievakuasiIDN Times/ist

Sesampainya di lokasi, petugas langsung melakukan penjagaan. Bersama masyarakat, penjagaan dilakukan untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

"Sambil menunggu tim evakuasi, petugas kami dan masyarakat melakukan pemantauan dan penjagaan di TKP untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," ucap Agung.

3. Beruang madu disebut terkena jeratan babi hutan

Dua Beruang Madu Terkena Jeratan Berhasil DievakuasiIDN Times/ist

Warga sekitar, kata Agung,  menyebut beruang itu terperangkap jeratan para pemburu babi hutan.

"Tim evakuasi yang dipimpin BKSDA Aceh dibantu NGO, aparat dan masyarakat setempat telah melakukan proses evakuasi terhadap dua individu beruang madu tersebut sejak jam 10.35 WIB hingga 13.55 WIB. Kedua beruang akan dibawa ke kantor BKSDA Aceh untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kemudian nantinya Beruang itu akan dilepas liar kan," pungkasnya.

Baca Juga: Harimau Terkam Warga saat Buka Puasa di Depan Rumah 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya