Comscore Tracker

COVID-19 Medan, Hotel Soechi Akan Dijadikan Tempat Isolasi Mandiri

Dipastikan gratis dengan fasilitas bintang empat

Medan, IDN Times – Peningkatan kasus COVID-19 yang signifikan membuat Pemerintah Kota Medan bersiaga. Lokasi untuk isolasi akan ditambah.

Rencananya, Pemko Medan akan menjadikan Hotel Soechi, Jalan Cirebon menjadi lokasi isolasi mandiri (Isoman). Wali Kota Bobby Afif Nasution sudah melakukan peninjauan ke sana.

"Tadi kita sudah tinjau hotel itu. Akan kita siapkan untuk tempat isolasi," kata Bobby usai rapat koordinasi PPKM Darurat di Pos Lantas Polrestabes Medan, Rabu (14/7/2021).

1. Hanya pasien bergejala ringan yang akan dirawat di sana

COVID-19 Medan, Hotel Soechi Akan Dijadikan Tempat Isolasi MandiriIlustrasi pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Kata Bobby, hotel yang merupakan aset Pemko Medan itu akan digunakan untuk isolasi bergeja ringan. Ada sekitar 400 kamar yang akan digunakan.

Selain kamar sekelas hotel bintang empat, tempat isolasi mandiri itu juga dilengkapi dengan lapangan tenis dan fasilitas olah raga lainnya.

“Di sana ada juga kolam renang, tetapi tidak boleh digunakan,” kata Bobby.

Baca Juga: Sumut Pecah Rekor COVID-19, Gubernur Edy: Sedang Banyak Tes

2. Fasilitas isoman diberikan secara gratis

COVID-19 Medan, Hotel Soechi Akan Dijadikan Tempat Isolasi MandiriMural pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Fasilitas itu nanti akan disediakan secara gratis. Hotel itu difungsikan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 bergejala ringan karena tidak bisa ditingkatkan untuk menampung pasien bergejala sedang atau berat.

"Ini karena terkendala tempat tidur, serta liftnya tidak bisa digunakan untuk mengangkut alat medis yang digunakan untuk sedang-berat," ungkap suami Kahiyang Ayu ini.

Hotel itu ditargetkan bisa digunakan dalam tiga hari ke depan. Kata Bobby, sejauh ini kebutuhan tempat isolasi mandiri di Kota Medan masih cukup tinggi.

"Jadi ini salah satu cara kami untuk mengajak warga Kota Medan untuk melakukan isolasi mandiri. Kita siapkan fasilitas bintang empat," pungkas Bobby.

3. Kasus COVID-19 kembali meroket

COVID-19 Medan, Hotel Soechi Akan Dijadikan Tempat Isolasi MandiriRelawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kota Medan masih menjadi penyumbang kasus tertinggi di Sumut. Kasus harian dalam beberapa hari terakhir, meningkat signifikan.

Kasus COVID-19 di Medan hingga saat ini mencapai 20.229 kasus. Bertambah 429 kasus dari hari sebelumnya.

Baca Juga: Pedagang Kain Protes PPKM Darurat di Medan: Kami Mau Makan Apa?

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya