[BREAKING] Sinabung Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik 7 Km 

Suara gemuruh masih terdengar

Karo, IDN Times - Gunung Api Sinabung kembali menunjukkan aktivitasnya. Sinabung mengalami erupsi pada Minggu (9/6) sekira pukul 16.28 WIB.

Dari puncaknya, Sinabung menymburkan material vulkanik setinggi 7 Km. Dalam catatan beberapa waktu terakhir, ini adalah erupsi yang paling tinggi.

"Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi  9 menit 17 detik," ucap Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Armen Putra.

Erupsi juga disertai luncuran awan panas 3,5 kilometer arah tenggara dan selatan 3 kilometer. Suara gemuruh, Kata Armen, terdengar sampai ke pos pengamatan Gunung Api sinabung.

"Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III Siaga," tutur Armen Putra.

Armen mengimbau ‎masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial tiga kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur, dan 4 kilometer untuk sektor Timur-Utara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya banjir lahar dingin," jelas Armen.

Baca Juga: Meski Gunung Sinabung Turun Status, Masyarakat Harus Tetap Waspada

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya