Comscore Tracker

Teliti Khasiat Rimbang & Susu Kerbau, Pelajar Toba Ikut Lomba di Korea

Raih peringkat kedua Lomba Sains Sumut

Toba, IDN Times - Bagi banyak orang khususnya suku Batak Toba tentu tidak asing lagi dengan tumbuhan rimbang atau takokak dan susu kerbau. Namun tidak banyak yang tahu jika dua jenis makanan ini sangat berkhasiat jika dikombinasikan. Pembuktian itu dihasilkan oleh tiga pelajar dari Kabupaten Toba melalui penelitian yang mereka lakukan.

Di bawah bimbingan kepala SMPN 1 Sigumpar, dan guru pengajar, Charles Siagian, temuan ketiga anak didik tersebut telah berhasil meraih peringkat dua di ajang lomba Indonesia Young Sains Assosation (IYSA) tingkat Provinsi Sumatera Utara, 19 November 2019, lalu. Perlombaan digelar di Medan.

1. Hasil penelitian dilombakan ditingkat Intersional

Teliti Khasiat Rimbang & Susu Kerbau, Pelajar Toba Ikut Lomba di KoreaTiga pelajar yang berhasil melakukan penelitian manfaat rimbang dan susu kerbau (Dok.IDN Times/Istimewa)

Selain berhasil ditingkat Provinsi Sumut, tiga pelajar ini juga telah mengikut perlombaan IYSA tingkat ASEAN yang digelar di Surabaya tanggal 14-16 Februari 2020 yang lalu. Dari 7 negara yang hadir, peringkat kedua juga berhasil diraih anak didik dari Pemkab Toba selaku duta dari Indonesia.

Usai mendapat peringkat II dalam perlombaan, Pemkab Toba melalui Dinas Pendidikan yakin tiga pelajar itu akan membawa nama daerah Toba dan Indonesia harum di mata dunia melalui perlombaan tingkat internasional yang diadakan di Korea Selatan, tanggal 24 Juni 2020 yang akan datang.

Sementara ketiga pelajar tersebut mengharapkan doa dari para orang tua mereka dan juga masyarakat Indonesia khususnya warga Pemkab Toba. "Kiranya kami bersemangat atas motivasi yang kami dapatkan sehingga kami bisa berhasil membuat harum nama bangsa kita terkhusus Kabupaten Toba," kata Mindo Napitupulu mewakili siswa.

Baca Juga: 7 Hoaks Sains Terkenal Sepanjang Sejarah Ilmiah Modern, Mengesalkan!

2. Bupati berharap keberhasilan tiga pelajar itu dapat menginspirasi generasi muda

Teliti Khasiat Rimbang & Susu Kerbau, Pelajar Toba Ikut Lomba di KoreaBupati Toba suport tiga putra putri terbaik daerahnya (Dok.IDN Times/Istimewa)

Secara pribadi, Bupati Toba mengucapkan rasa terima kasih dan bangganya kepada ketiga putra-putri terbaik Toba, yang telah mengharumkan nama Toba pada event National Innovative Science and Enterpreneur Fair (NISEF) Tahun 2020 yang diselenggarakan IYSA. Tidak lupa juga ucapan terimakasih disampaikan kepada Roy Siagian selaku guru pembimbing yang telah turut mendampingi para siswa dalam event tersebut hinggabmeraih Medali Perak.

"Penelitian mereka diberi judul Utility of Rimbang (solanum torvum) extract as microemultion buffalo milk, hanya menggunakan bahan sederhana yaitu Susu Kerbau dan Rimbang yang bisa didapat dengan mudah di sekitar kita. Namun dengan kreativitas dan inovasi mampu menorehkan prestasi yang membanggakan. Semoga kreativitas dan prestasi mereka menginspirasi anak-anak muda lainnya," jelasnya.

3. Ini sejumlah khasiat kombinasi rimbang dengan susu kerbau

Teliti Khasiat Rimbang & Susu Kerbau, Pelajar Toba Ikut Lomba di KoreaTiga pelajar bersama guru SMPN 1 Sigumpar (Dok.IDN Times/Istimewa)

Materi ilmiah penelitian mereka adalah perpaduan buah rimbang dengan susu kerbau yang diolah menjadi makanan dan minuman. Nama ketiga pelajar tersebut adalah Restu Simangunsong Kelas IX, Ipan Sitorus Kelas XIII dan Mindo Napitupulu Kelas XIII.

Menurut mereka, berdasarkan penelitian, rimbang dan susu kerbau banyak mengandung manfaat bagi tubuh. Karena anti oksidannya tinggi, diyakini mampu memperbaiki sel sel mata diantaranya Flafonoid (Flavonol dan Flavon), Asam Fenolat, Asam Askorbat, Karotenoid, Potasium, Vitamin A (untuk Mata), Vitamin B1, dan Vitamin C dan zat zat tersebut memiliki fungsinya masing masing, mulai dari Antiinflamasi hingga anti Oksida.

Diketahui, mereka meniliti susu kerbau dengan ekstrak rimbang. Pada awalnya susu kerbau ini dicampur dengan buah nanas. Setelah dilakukan penelitian ternyata susu kerbau yang diekstrak dengan rimbang sangat baik untuk kesehatan diyakini mampu mencegah stunting dan juga rasanya lebih disukai oleh masyarakat.

Ke depannya, khasiat rimbang dan susu kerbau diharapkan sebagai salah satu produk unggulan dari Pemkab Toba, yang dikemas menjadi makanan dan minuman karena temuan ini berpotensi menjadi jajanan buat anak-anak. Tiga pelajar ini yakin, hasil penetian mereka, kombinasi rimbang dan susu kerbau mampu merangsang peningkatkan kecerdasan otak.

Baca Juga: Sah! Kabupaten Toba Samosir Berubah Jadi Kabupaten Toba

Topic:

  • Patiar Manurung
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya