Umat Hindu Akan Rayakan Deepavali Pertama di Masa Pandemik COVID-19

Tetap terapkan protokol kesehatan 

Medan, IDN Times - Untuk pertama kalinya, Umat Hindu di Kota Medan akan melaksanakan Hari Raya Deepavali dalam suasana Pandemik COVID-19, pada Sabtu (14/11/2020). Menyikapi hal ini, Surya, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan, mengimbau agar Umat Hindu dapat menerapkan protokol kesehatan.

"Memang situasi ini cukup berat, ini (Deepavali) pertama kali yang dilaksanakan di masa COVID-19. Saya imbau agar protokoler kesehatan tetap diprioritaskan dan ini bisa menjadi contoh bagaimana penerapan 'New Normal' di masyarakat," ujar Surya kepada media, Rabu (11/11/2020).

1. Kuil-kuil harus menerapkan sistem jaga jarak dalam persembahyangan

Umat Hindu Akan Rayakan Deepavali Pertama di Masa Pandemik COVID-19Surya, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan (Dok. IDN Times)

Surya menambahkan, kuil-kuil harus menerapkan sistem jaga jarak dalam persembahyangan, dan memperbanyak sarana cuci tangan. Sebab menurutnya, sikap waspada terhadap penyebaran COVID-19 harus diutamakan dalam kondisi apapun.

"Kami sudah koordinasi dengan para pimpinan kuil agar diterapkan sistem jaga jarak dan penambahan fasilitas cuci tangan. Kita juga akan berusaha menyederhanakan prosesi persembahnyangan, tanpa mengurangi esensi perayaannya," ucapnya.

Baca Juga: Viral di TikTok, 10 Motor yang Sebaiknya Jangan Digunakan saat Pacaran

2. Pihak kuil akan melakukan pengecekan suhu tubuh dan masker

Umat Hindu Akan Rayakan Deepavali Pertama di Masa Pandemik COVID-19IDN Times/Imam Rosidin

Surya juga mengatakan bahwa silaturahmi tidak dapat dihindarkan dalam proses Hari Raya Deepavali.  Baginya, memohon restu orang tua dan silaturahmi kepada sesama merupakan esensi pokok dalam Deepavali.

"Silaturahmi pasti terjadi, maka nanti pengunaan masker akan di cek secara ketat. Pihak kuil akan melakukan pengecekan suhu tubuh dan masker, bagi yang suhu tubuhnya tinggi dan bagi yang tidak menggunakan masker, mohon maaf akan kami minta untuk bersembahyang dirumah. Kami akan tegas soal ini, karena keselamatan umat penting bagi kami," katanya.

3. Surya meminta agar masyarakat Hindu Kota Medan dapat merayakan Hari Raya Deepavali dengan hikmat

Umat Hindu Akan Rayakan Deepavali Pertama di Masa Pandemik COVID-19IDN Times/Masdalena Napitupulu

Surya meminta agar masyarakat Hindu Kota Medan dapat merayakan Hari Raya Deepavali dengan hikmat dan bijaksana, agar menjadi teladan bagi masyarakat.

"Saya ucapkan selamat Deepavali kepada seluruh Umat Hindu, dan saya minta agar dapat merayakannya dengan bijaksana sehingga dapat menjadi contoh, sebab krisis kesehatan dan krisis ekonomi ini cukup berat bagi kita semua," pungkasnya.

Baca Juga: Mitos atau Fakta? Tangki Bensin Sering Kosong Bisa Merusak Mobil

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya