Tips Menjaga Kebugaran Setiap Hari Ala Istri Gubernur Nawal Lubis

Berpikir positif adalah kunci pertama

Medan, IDN Times - Menjaga kebugaran di tengah aktivitas yang padat merupakan hal yang tak boleh terlewatkan. Hal itu juga menjadi perhatian bagi Nawal Lubis, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumatera Utara. Ia mengingatkan, pentingnya menjaga kesehatan, terutama bagi para ibu yang beraktivitas di rumah maupun di luar rumah. 

Nah berkaitan dengan hal itu, Nawal memberikan tips agar tetap sehat dan bugar setiap hari. Ada apa saja? Yuk simak!

1. Hal pertama adalah berpikir positif

Tips Menjaga Kebugaran Setiap Hari Ala Istri Gubernur Nawal LubisPenasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumut Nawal Lubis menjadi narasumber pada Workshop Virtual “Ibu Sehat & Bugar Idaman Keluarga”, Rabu (9/6/2021) (Istimewa/IDN Times)

Hal pertama yang disebut Nawal adalah berpikir positif, yakni dengan mengelola pikiran agar tidak terjadi stres. Tak hanya itu, Nawal juga mengingatkan untuk rajin mengonsumsi sayuran dan buahan. Serta menjaga berat badan dengan minum air putih delapan gelas sehari, agar badan tetap bugar.

"Air itu sangat penting bagi tubuh kita, dan yang paling bagus itu air putih, karena sangat cepat untuk metabolisme tubuh," ujar Nawal, saat menjadi narasumber pada workshop virtual yang digelar DWP Sumut dengan tema 'Ibu Sehat dan Bugar Idaman Keluarga' di Jalan Teuku Cik Ditiro Medan, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga: Masuk Bursa Capres, Abdul Somad: Saya Ustaz, Ogah Berpolitik Praktis 

2. Melakukan olahraga secara rutin selama 30 menit

Tips Menjaga Kebugaran Setiap Hari Ala Istri Gubernur Nawal LubisIlustrasi Aktivitas Olahraga di Kantor (IDN Times/Athif Aiman)

Tak hanya itu, melakukan olahraga secara rutin juga penting dilakukan selama 30 menit, lima kali dalam seminggu. "Hal ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki dan olahraga ringan lainnya. Ini juga diiringi dengan tidur yang cukup dan berkualitas minimal delapan jam sehari," tambahnya.

3. Jika lelah baiknya beristirahat

Tips Menjaga Kebugaran Setiap Hari Ala Istri Gubernur Nawal Lubispixabay.com/cuncon

Nawal juga menuturkan, jika para ibu sudah lelah, baiknya beristirahat. "Ibu-ibu harus mengerti dengan tubuh kita, bila sudah capek haruslah beristirahat. Kalau yang sudah menopause memang susah untuk tidur, namun ini harus kita atasi secara pelan-pelan," ujarnya.

4. Lebih baik lagi jika memasak makanan sendiri di rumah

Tips Menjaga Kebugaran Setiap Hari Ala Istri Gubernur Nawal Lubisunsplash.com/@gabriellecepella

Ia juga mengatakan, menjaga kesehatan dengan rutin mencuci tangan dan membatasi mengonsumsi minuman bersoda juga harus diingat. Kemudian, lebih baik lagi jika memasak makanan sendiri di rumah.

"Karena minuman ini menggunakan gula tambahan yang dapat memicu diabetes. Selain itu dapat menghindari makanan junk food, karena rendah serat, protein dan nutrisi lainnya," pungkasnya.

Baca Juga: 100 Hari Jadi Ibu Pejabat Medan, 10 Potret Kompak Kahiyang dan Shaula 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya