Sempat Terpuruk, Penjualan Oleh-oleh Haji Meningkat di Medan

Penjualan akan meningkat saat kepulangan jemaah haji

Medan, IDN Times- Penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, membawa suka cita bagi masyarakat di Indonesia. Dampak positif itu pun dirasakan para pedagang oleh-oleh haji dan umrah di Medan. Salah satunya, Agus Salim, dari Toko H Ahmad Achyar di Pasar Ikan Lama. 

"Alhamdulillah, ada peningkatan dibandingkan masa pandemik yang lalu. Meskipun yang berangkat haji tahun ini tidak banyak dan dibatasi hanya sampai kloter 10, tetapi permintaan pesanan oleh-oleh khas haji banyak," kata Agus, Sabtu (9/7/2022).

1. Nyaris gulung tikar

Sempat Terpuruk, Penjualan Oleh-oleh Haji Meningkat di Medanilustrasi haji (IDN Times/Aditya Pratama)

Ia mengaku tahun lalu adalah masa-masa sulit bagi pemilik usaha sepertinya. Dua tahun pasca ibadah haji ditiadakan pemerintah karena pandemik COVID-19, usaha oleh-oleh khas tanah suci di Kota Medan ini nyaris gulung tikar. 

"Saya berharap pandemi segera selesai, dan penyelenggaraan ibadah haji dah umrah kembali normal, sehingga pedagang tidak mengalami dampak gulung tikar," ungkapnya.

Baca Juga: Jemaah Padati Salat Idul Adha Muhammadiyah di Medan 

2. Pembeli akan meningkat saat kepulangan jemaah haji

Sempat Terpuruk, Penjualan Oleh-oleh Haji Meningkat di MedanIlustrasi Kurma (IDN Times/Umi Kalsum)

Diketahui Pasar Ikan Lama Kota Medan yang menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi untuk membeli oleh-oleh khas dari Tanah Suci yang menjual berbagai kebutuhan bagi jemaah haji atau umrah.

Agus Salim mengatakan, biasa pembeli akan meningkat saat kepulangan jemaah haji meskipun saat ini sudah banyak yang melakukan pemesanan.

3. Gak hanya kurma, jemaah haji juga membeli pernak-pernik lainnya

Sempat Terpuruk, Penjualan Oleh-oleh Haji Meningkat di Medanilustrasi kurma (Unsplash.com/engin akyurt)

Agus mengucap rasa syukur karena tahun ini tokonya mulai ramai oleh pembeli, sehingga usahanya bisa kembali bergeliat.

Menurutnya, sejak awal keberangkatan jemaah haji kloter pertama dari Embarkasi Medan, pembeli sudah mulai berdatangan, terutama jemaah dari luar kota Medan.

"Sudah banyak yang membeli seperti oleh-oleh makanannya seperti kurma, kismis, kacang arab. Kalau souvenirnya seperti sajadah, ceret, tasbih dan lainnya," ucap Agus.

Baca Juga: Doa Ketika Berangkat dan Masuk Arafah, Wajib Dibaca saat Pergi Haji!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya