Comscore Tracker

Menolak Tidur Usai Sahur, Ini 4 Caranya

#RamadanMasaKini Waktu subuh itu punya banyak keberkahan lho

Medan, IDN Times - Tantangan di waktu sahur adalah rasa kantuk yang sangat berat. Itulah yang terkadang bikin selera makan kita berkurang. Dampaknya, energi tidak mencukupi untuk beraktivitas di siang hari dan mudah merasakan lapar. 

Sebagian besar orang akhirnya memilih untuk melanjutkan tidur pasca sahur, lebih tepatnya usai waktu subuh. Sebenarnya, ini merupakan kebiasaan yang tidak baik karena waktu subuh itu punya banyak keberkahan. Sayang sekali jika kita melewatkan waktu subuh dengan tidur. Berikut, 4 hal yang bisa kamu lakukan agar subuhmu bermanfaat!

Baca Juga: Jangan Asal Beli, Perhatikan 4 Hal Ini saat Beli Makanan Berbuka Puasa

1. Kerjakanlah rutinitas rumah

Menolak Tidur Usai Sahur, Ini 4 Caranyapexels/rawpixel

Jika kamu khawatir tertidur pasca salat subuh, maka kerjakanlah rutinitas rumahan sejak waktu subuh. Meskipun dingin, hangatkan tubuhmu dengan banyak bergerak mulai dari mencuci piring, menyapu halaman, menggosok pakaian, dan sejenisnya. Lakukan dengan santai, agar matamu tidak merasakan kantuk

2. Jalan santai di waktu subuh

Menolak Tidur Usai Sahur, Ini 4 CaranyaPixabay.com/pexels

Jalan santai di waktu subuh atau olahraga juga bisa kamu lakukan untuk menghindarkan diri dari aktivitas tidur di waktu subuh. Menghirup udara segar di luar sana akan membuat tubuh dan pikiranmu lebih rileks. Meskipun puasa, kamu tetap butuh olahraga demi kebugaran tubuhmu. 

3. Membaca Alquran

Menolak Tidur Usai Sahur, Ini 4 Caranyaaboutislam.net

Aktivitas yang satu ini sangat direkomendasikan buat kamu untuk dilakukan di waktu subuh. Selain menenangkan jiwa, kamu bisa mengejar target untuk khatam di bulan suci minimal satu kali. Pahalanya pun tidak tanggung-tanggung jika kamu melakukannya dengan ikhlas, lho!

4. Menonton TV

Menolak Tidur Usai Sahur, Ini 4 Caranyapexels.com/Lisa Fotios

Nah, poin yang ini juga bisa kamu lakukan untuk menahan rasa kantuk di waktu subuh. Tidak masalah jika kamu menyaksikan acara favoritmu di TV atau streaming lewat internet. Namun, harus fokus pada tujuan yaitu menghindarkan diri dari ketiduran. Jadi, usahakan untuk melanjutkan rutinitas setelah menonton, bukan melanjutkan tidur. 

Baca Juga: [BREAKING] Massa Tak Mau Bubar, Polisi: Kami Bukan Musuh, Sahur-sahur

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan

Just For You