Comscore Tracker

Keseruan Yayasan Gajah Sumatra Tanam Mangrove Bersama Warga

Hal ini dilakukan untuk memperingati Hari Mangrove Sedunia

Medan, IDN Times - Hari Mangrove Sedunia diperingati pada 26 Juli setiap tahunnya. Untuk memperingati hari tersebut, Yayasan Gajah Sumatera (Yagasu) mengajak warga untuk menanam mangrove bersama. Kegiatan dilakukan pada Selasa (11/8/2020) lalu. Seperti apa keseruannya? Yuk intip!

1. Meilinda Suriani Harefa, Program Director Yagasu mengatakan Yagasu mengapresiasi warga yang ikut memeriahkan perlombaan yang diadakan pihaknya

Keseruan Yayasan Gajah Sumatra Tanam Mangrove Bersama WargaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Meilinda Suriani Harefa, Program Director Yagasu mengatakan Yagasu mengapresiasi warga yang ikut memeriahkan perlombaan yang diadakan pihaknya. 

"Perlombaan ini kita laksanakan untuk mengajak warga peduli terhadap ekowisata mangrove. Kita ada 10 pemenang, dua di antaranya di luar kota yang hari ini tidak bisa hadir," ujarnya dalam kata sambutan.

Baca Juga: Hari Mangrove se-Dunia, Kerusakan Hutan di Sumut Memprihatinkan

2. Warga diajak untuk menyusuri Hutan Mangrove Sicanang menggunakan boat

Keseruan Yayasan Gajah Sumatra Tanam Mangrove Bersama WargaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Dalam kegiatan ini turut hadir, Binsar Situmorang, Kadis Lingkungan Hidup Sumut dan Agus Suriono, Kadis Pariwisata Medan. Keduanya turut mengapresiasi acara yang dilaksanakan Yagasu. Di penghujung acara, dua Kadis serta warga diajak untuk menyusuri Hutan Mangrove Sicanang menggunakan boat. Dalam perjalanan, Yagasu menjelaskan informasi terkait mangrove.

3. Semenjak sudah tertata, setiap harinya ada sekitar ratusan wisatawan yang hadir

Keseruan Yayasan Gajah Sumatra Tanam Mangrove Bersama WargaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Rusmiyono (46), Ketua Kelompok Sadar Wisata Sicanang (Pokdarwis) mengatakan sejak 2014 sudah mengelola kawasan mangrove namun untuk menjadikan ekowisata yang layak baru terwujud dengan dukungan Yagasu.

"Semenjak sudah tertata, setiap harinya ada sekitar ratusan wisatawan yang hadir. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan, masih dibatasi," katanya. 

Baca Juga: Terdampak Corona, Masyarakat Pesisir di Kawasan Mangrove Dapat Sembako

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya