HPN 2023 di Medan, LPDS Gandeng STIKP Perkuat Literasi Media

Literasi Media dilaksanakan pada 2 Februari 2023

Medan, IDN Times- Hari Pers Nasional (HPN) 2023 akan berlangsung pada 9 Februari di Medan. Dalam menyambut peringatan itu, Lembaga Pers Dr.Soetomo (LPDS) Jakarta bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan (STIKP) Medan, menyelenggarakan Literasi Media dan Uji Kompetensi Wartawan.

Berikut ini informasi terkait kegiatan yang akan dilangsungkan pada Februari mendatang. 

1. Akan ada materi seputar rambu-rambu hukum dan memanfaatkan media sosial untuk branding

HPN 2023 di Medan, LPDS Gandeng STIKP Perkuat Literasi MediaFoto oleh Lisa Fotios dari Pexels

Direktur Eksekutif LPDS, Hendrayana mengatakan pada kegiatan literasi media, materi yang akan disampaikan yakni pemanfaatan media sosial dalam kegiatan belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan Sumatra Utara.

Ada juga materi terkait, rambu-rambu hukum dan etika sebagai pengguna media sosial, memanfaatkan media sosial untuk branding dan meningkatkan portofolio dan menyoroti pemberitaan media yang cenderung menerapkan clickbait.

Tahun lalu pada HPN di Kendari, LPDS juga menyelenggarakan kegiatan serupa bekerja sama dengan Universitas Negeri Halu Oleo. Bagi calon peserta yang ingin mengikuti kegiatan Literasi Media, dapat menghubungi panitia melalui WhatsApp +6281376756322, sedangkan untuk pendaftaran peserta UKW sudah ditutup karena jumlah pendaftar sudah melebihi kuota.

Baca Juga: Dewan Pers Minta DPR Kaji Ulang Pasal RKUHP yang Ancam Kebebasan Pers

2. Akan melibatkan wartawan, pengusaha dan mahasiswa

HPN 2023 di Medan, LPDS Gandeng STIKP Perkuat Literasi Mediapixabay.com/AndyLeungHK

Austin Tumengkol, Pembantu Ketua II STIKP Medan mengatakan literasi media dilaksanakan pada 2 Februari 2023, akan melibatkan sekitar 100 wartawan dan kalangan pengusaha media dan mahasiswa. 

“Selain wartawan kami akan mengundang kalangan mahasiswa dari beberapa universitas, kalangan pemilik media dan pengamat pers,” katanya, Rabu (18/1/2023).

Sementara itu, lebih dari 38 wartawan telah mendaftarkan diri untuk mengikuti UKW, yang saat ini sedang diverifikasi oleh LPDS dan Dewan Pers. Bagi calon peserta yang dinyatakan memenuhi syarat akan diundang untuk mengikuti UKW, dijadwalkan pada 2-4 Februari 2023.

"STIKP siap bekerja sama dengan LPDS untuk meningkatkan kapasitas para wartawan. Apalagi sekolah tinggi yang didirikan oleh Hajjah Ani Idrus, Tokoh Pers Nasional dan pendiri Harian Waspada itu, memang dimaksudkan untuk mendorong para wartawan agar lebih profesional," ujarnya.

3. UKW akan dilaksanakan selama dua hari penuh

HPN 2023 di Medan, LPDS Gandeng STIKP Perkuat Literasi Mediapexels.com/fotografierende

Hendrayana mengatakan UKW akan dilaksanakan selama dua hari penuh, yakni tanggal 3 - 4 Februari 2023. Dalam rangkaian UKW itu akan ada pembekalan yang wajib diikuti calon peserta (wartawan), yakni pra UKW, yang dilaksanakan pada 2 Februari 2023, atau sehari sebelum UKW.

LPDS merupakan lembaga pendidikan pers yang didirikan tokoh pers nasional pada 1987 atas amanah sidang Dewan Pers di Bali. Hendrayana, pada pra UKW ini calon peserta dibekali dengan materi hukum pers, Undang-undang ITE dan kode etik jurnalistik dalam sengketa pemberitaan, mengidentifikasi masalah terkait nilai berita, menulis feature, dan materi lain. "Penerapan Kode Etik Jurnalistik menjadi penting di era media konvergensi sebagai tanggungjawab kita kepada audiens," katanya.

Baca Juga: Dewan Pers Catat 691 Aduan, Didominasi Media Online  

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya