Comscore Tracker

Forum Bisnis dan Ekspo Rempah Indonesia 2021 Akan Digelar di Parapat

Akan diselenggarakan pada tanggal 10-12 Desember 2021

Medan, IDN Times - Forum Bisnis dan Ekspo Rempah Indonesia atau Indonesia Spices Bussiness Forum & Expo (ISBFE) 2021 akan digelar di Parapat, Simalungun. Acara tersebut berlangsung pada 10-12 Desember 2021.

Untuk itu, Ketua Dewan Rempah Indonesia Sumatera Utara, Nawal Lubis, mengajak masyarakat Sumut mendukung acara tersebut. 

“Kita diberi kehormatan sebagai tuan rumah Hari Rempah Nasional yang pertama kali diadakan. Mari kita dukung kegiatan tersebut. Ini merupakan kebanggaan bagi Sumut,” kata Nawal usai penobatan Duta Penerus Rempah 2021.

1. Pada hari rempah nanti akan dipertemukan para produsen dan pelaku bisnis rempah

Forum Bisnis dan Ekspo Rempah Indonesia 2021 Akan Digelar di ParapatIstimewa/IDN Times

Kata Nawal, membangkitkan kejayaan rempah tidak hanya sekadar slogan belaka, banyak aspek yang menjadi pengungkit untuk mengangkat kembali kejayaan rempah. Salah satunya melalui kegiatan forum bisnis dunia tersebut.

“Pada hari rempah nanti akan dipertemukan para pelaku usaha (produsen) dan pelaku bisnis rempah untuk pengembangan dan peningkatan nilai tambah, serta daya saing tanaman rempah, dari sektor hulu, dan sektor hilir,” ucap Nawal.

2. Nawal ajak menggunakan bumbu rempah asli Indonesia

Forum Bisnis dan Ekspo Rempah Indonesia 2021 Akan Digelar di ParapatIstimewa/IDN Times

Nawal juga mengajak masyarakat senantiasa menggunakan bumbu rempah asli Indonesia. Dengan memanfaatkan kearifan lokal tersebut juga dapat menarik minat masyarakat mancanegara mengkonsumsi makanan khas Indonesia.

“Setidaknya kita meningkatkan penggunaan bumbu rempah yang sehat dalam memperkaya cita rasa kuliner Indonesia, yang kaya akan cita rasa spesifik, akhirnya dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional,”ujar Nawal.

3. Mengembangkan rempah tidak mudah, kendala biaya saat mempromosikan hasil produk salah satunya

Forum Bisnis dan Ekspo Rempah Indonesia 2021 Akan Digelar di ParapatIstimewa/IDN Times

Meski begitu, mengembangkan rempah tidak mudah. Banyak kendala yang dihadapi. Nawal pun menyebutkan, salah satu di antaranya adalah kendala biaya saat mempromosikan hasil produk. 

“Berbagai kendala mereka hadapi untuk mempromosikan hasil produk mereka salah satunya adalah masalah biaya, momen hari rempah ini adalah peluang bagi mereka untuk mengekspresikan hasil produksinya,” ujar Nawal.

Asisten Deputi Bidang Olahraga, Seni dan Budaya Maritim, Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Kosmos Harefa mengatakan, kegiatan di Parapat itu momentum menunjukan kekuatan bangsa. Sehingga masyarakat bisa berbangga terhadap potensi dan sumber daya alam Indonesia.

“Apalagi kita saat ini memiliki kegiatan Indonesia Spice up the World, sebagai kegiatan diplomasi Indonesia untuk dunia, khususnya untuk menunjukkan kekuatan sumber daya alam kita yang memang dahulu diperebutkan bangsa asing,” ujarnya.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya