Festival Thaipusam, Ada UMKM Kuliner Khas di Little India Medan

Street festival akan digelar di Jalan Zainul Arifin

Medan, IDN Times- Perayaan Thaipusam akan berlangsung di Kota Medan, pada Minggu (5/2/2023). Selain ritual agama, ada deretan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menyediakan makanan khas India. Street festival akan digelar di kawasan Little India, Jalan Zainul Arifin.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan, Matha Riswan mengatakan, even tahun ini, bakal lebih meriah dengan hadirnya beragam acara menarik. Acara akan berlangsung sejak pukul 10.00 WIB.

"Sejak pagi UMKM kuliner khas India, aksesoris dan pakaian serta kerajinan khas India, sudah mulai buka. Kemudian ada Medan Indian Fashion Week serta atraksi seni lainnya," katanya, Kamis (2/2/2023).

1. Masyarakat Hindu akan memulai ritual dengan melaksanakan prosesi Pal Kudam

Festival Thaipusam, Ada UMKM Kuliner Khas di Little India MedanIDN Times/ Masdalena Napitupulu

Dengan adanya festival tersebut, Riswan mengajak seluruh masyarakat untuk beramai-ramai menghadiri acara tersebut. "Kuliner yang disajikan juga halal, karena nuansanya vegetarian," ucapnya.

Riswan menjelaskan, saat perayaan Thaipusam, masyarakat Hindu akan memulai ritual dengan melaksanakan prosesi Pal Kudam yaitu mengangkat susu dalam kendi di atas kepala sebagai bentuk nazar dan kepatuhan pada Dewa Murugan.

"Susu tersebut kemudian dibawa ke kuil Sree Soepramaniem Nagaratar di Jalan Kejaksaan (Kebun Bunga) Medan untuk memandikan Dewa Murugan," ujarnya.

Baca Juga: [FOTO] Semarak Perayaan Thaipusam di Medan

2. Akan ada kereta kencana yang mengelilingi Kota Medan

Festival Thaipusam, Ada UMKM Kuliner Khas di Little India MedanIDN Times/ Masdalena Napitupulu

Riswan menyebutkan, acara pada siang hari dilanjutkan dengan Maheswara Pooja yaitu dengan ritual pemujaan makanan sebelum dimakan. Puncaknya pada malam hari yaitu arakan kereta kencana khas India atau disebut Radoo mengelilingi Kota Medan.

"Thaipusam atau Thaipoosam merupakan festival yang dirayakan oleh orang-orang Tamil pada bulan purnama pertama pada bulan Thai Januari atau Februari dalam kalender Tamil," tuturnya.

3. Kebudayaan India menjadi salah satu kekuatan besar di Medan

Festival Thaipusam, Ada UMKM Kuliner Khas di Little India MedanIDN Times/ Masdalena Napitupulu

Selain Indonesia, perayaan ini juga dilakukan di berbagai negara dengan komunitas Tamil yang besar, seperti India, Sri Lanka, Indonesia, Malaysia, Mauritius, Singapura, Afrika Selatan dan berbagai negara lain dengan komunitas diaspora Tamil. "Kebudayaan India menjadi salah satu kekuatan besar di Medan," ujar Riswan.

Festival ini merayakan momen ketika Parvati memberikan tombak Vel kepada Murugan agar Murugan dapat mengalahkan setan Soorapadman.

Terdapat keyakinan bahwa hari Thaipusam merupakan hari kelahiran Murugan, menurut sumber lain, Vaikhasi Vishakam yang jatuh pada bulan Vaikhasi atau Mei atau Juni adalah hari kelahiran Murugan.

Baca Juga: Perayaan Thaipusam, Bentuk Nyata Keberagaman Kota Medan 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya