Comscore Tracker

Viral! Mengaku COVID-19 tapi Keluyuran, Sehat Ditangkap Polisi

Pria tersebut mengaku sebar hoaks soal dirinya COVID-19

Medan, IDN Times - Sebuah video viral soal seorang pria yang mengaku positif COVID-19 namun malah berkeliaran dengan santap kuliner dan jalan-jalan. Pria bernama Sehat (54) yang merupakan warga Kota Medan itu kini ditangkap polisi.

Belakangan, Sehat mengaku informasi yang disebarkannya itu adalah hoaks alias bohong. "Saya minta maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat, atas informasi saya yang salah tentang hasil PCR saya. Sehingga, menimbulkan kegaduhan dan kepanikan di masyarakat luas. Sekali lagi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya," ujar Sehat dalam video tersebut.

1. Akibat informasi hoaks, muncul kegaduhan di tengah masyarakat

Viral! Mengaku COVID-19 tapi Keluyuran, Sehat Ditangkap PolisiPexels.com/PhotoMIX Ltd.

Dikarenakan unggahan video tersebut, muncul banyak kontra atau kegaduhan dengan informasi hoaks yang diberikannya.

Dalam video yang sudah diunggah berbagai akun medsos itu, Sehat  mengaku melakukan tes swab (PCR) sampai 5 kali di tempat berbeda dan hasilnya positif. Namun, ia bukan melakukan isolasi mandiri (isoman) seperti layaknya pasien COVID-19.

Tapi ia malah melakukan wisata kuliner di sejumlah titik Kota Medan bahkan sampai ke pemandian air panas Sidebu-debu, daerah Berastagi.

Baca Juga: Viral! Warga Aceh di Kolong Jembatan Kota Medan, Ini Faktanya

2. Sehat mengunjungi beberapa rumah makan

Viral! Mengaku COVID-19 tapi Keluyuran, Sehat Ditangkap PolisiIDN Times/Sukma Shakti

Dalam video tersebut, Sehat mengaku usai tes PCR dan hasilnya positif dia makan di Bak Mie Aceh Bangka tanggal 6 Agustus. Kemudian di hari yang sama ia bersantap ria di Rumah Makan Hasan pada pukul 12.45 WIB. Disebutnya ia makan cakwe di rumah makan tersebut.

Ia mengaku bersama temannya yang disebutnya eks pasien COVID-19. "Ini kita makan tidak pakai nasi, tiga porsi berdua, jangan sepiring berdua tapi 3 porsi berdua. Karena kau bekas pasien eks Covid-19," katanya sambil tertawa.

Belum diketahui apa alasannya mendokumentasikan hal seperti itu. Namun polisi akhirnya melakukan penyelidikan soal keberadaannya dan meakukan penangkapan.

"Iya sudah diamankan," kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Rafles Marpaung, Senin (9/8/2021).

3. Pelaku telah diamankan oleh pihak polisi

Viral! Mengaku COVID-19 tapi Keluyuran, Sehat Ditangkap PolisiIDN Times/Sukma Sakti

Akhirnya Sehat pun ditangkap polisi. Dikabarkan, ia ditangkap saat berada di pemandian Sidebu-debu, Sibolangit pada Minggu (8/8/2021). Atas perbuatannya, Sehat terancam hukuman.

Baca Juga: Viral! Pedagang di Medan Tolak Tutup Warung: Anak Saya Lima!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya