Tangani Virus B117 di Sumut, Edy Rahmayadi Bentuk Tim Khusus 

Aris: Walaupun ini varian Inggris, dia enggak dari Inggris

Medan, IDN Times - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi membentuk tim khusus menangani penyebaran virus mutasi corona yang dinamai B117. Hal ini dikatakan Edy, karena adanya satu orang warga Medan terpapar varian corona Inggris B117. Namun pasien itu dinyatakan sudah sembuh.

“Ketua tim untuk melakukan evaluasi dan pendeteksian, sudah saya tanda tangani yakni dr Inke dengan timnya,” ujar Edy Rahmayadi kepada wartawan di Medan, Rabu (10/3/2021).

1. Edy belum jelaskan hasil tracing dari tim tersebut

Tangani Virus B117 di Sumut, Edy Rahmayadi Bentuk Tim Khusus Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah saat menerima bantuan dari HIPMI Sumut dan Yayasan Budha Tzu Chi (IDN Times/ Dok. Istimewa)

Untuk saat ini, Edy belum menjelaskan hasil tracing maupun kajian yang dilakukan tim yang dibentuknya. Namun mereka masih bekerja.

“Nanti kita tunggu hasil deteksi dia tentang kesehatan. Saya tidak sampaikan sekarang, karena itu cukup sangat teknis, tak boleh sembarangan menyampaikan itu, kalau tidak pasti,” ujarnya.

Baca Juga: Satgas: Pasien Corona B117 di Sumut Sembuh, Warga Jangan Panik!

2. Jubir Satgas COVID-19 Sumut akui ada satu pasien di Medan pada Januari 2021 lalu

Tangani Virus B117 di Sumut, Edy Rahmayadi Bentuk Tim Khusus Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah saat menerima bantuan dari HIPMI Sumut dan Yayasan Budha Tzu Chi (IDN Times/ Dok. Istimewa)

Sebelumnya Juru Bicara Satgas COVID-19 Sumut Aris Yudharinsyah mengatakan, masuknya corona varian Inggris ini dari data Kemenkes yang berawal Satgas COVID-19 mengirimkan sampel swab ke Jakarta. Sampel yang dikirim yang CT Value-nya di bawah 25.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan di Litbangkes dan diumumkan mutasi virus B117 ada di Medan pada 28 Januari. Pasien tersebut kini telah dan sehat. "Iya uda ada di Medan, sejak Januari lalu," ujar Jubir Aris Yudhariansyah, Selasa (9/3/2021).

3. Aris: walaupun ini varian Inggris, dia enggak dari Inggris

Tangani Virus B117 di Sumut, Edy Rahmayadi Bentuk Tim Khusus Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengikuti rapat koordinasi dengan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Jumat (25/09/2020) malam, di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Sumut Jalan Sudirman No 41 Kota Medan. (HUMAS SUMUT)

Menurutnya, meski virus B117 ada di Medan, dari hasil tracing warga yang terinfeksi tak memiliki riwayat perjalanan jauh. Tapi Aris tidak merinci identitas dan profesinya.

"Dia nggak dari mana mana, nggak dari luar negeri, walaupun ini varian Inggris, dia nggak dari Inggris," ujarnya.

Baca Juga: Kemenkes Sebut Pasien Corona B117 di Sumut, Dinkes Sumut: Belum Tahu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya