Comscore Tracker

Rumah Sakit di Medan Mulai Terapkan Berobat Pakai KTP, Ada yang Belum!

Ada yang masih harus tunjukkan BPJS

Medan, IDN Times - Penerapan berobat gratis dengan menggunakan KTP di Medan mulai hari ini berlaku di seluruh rumah sakit yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Namun dari pantauan IDN Times, Kamis (1/12/2022), ada rumah sakit yang belum menerapkan.

Misalnya Rumah Sakit Murni Teguh Medan yang terletak di Jalan Jawa Kota Medan. Dari pantauan seluruh pasien masih beroperasional sebagaimana biasanya.

Seluruh pasien yang ingin berobat masih harus menunjukkan kartu BPJS sebagaimana biasanya.

1. Diakui pihak RS Murni Teguh penerapannya masih didiskusikan

Rumah Sakit di Medan Mulai Terapkan Berobat Pakai KTP, Ada yang Belum!ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Menurut Humas RS Murni Teguh, Winda sejauh ini pihaknya masih melakukan operasional sebagaimana biasanya. "Sejauh ini untuk penerapan itu belum berlaku di RS Murni Teguh. Kita masih akan diskusikan itu," jelas Winda.

Namun, memang sejauh ini kata Winda untuk penerapan KTP sudah berlaku sejak lama. "Makanya kita masih beroperasional sebagaimana biasanya sebab tidak ada yang perlu diubah jika penerapan KTP," jelasnya.

Baca Juga: Cara dan Syarat Berobat Gratis di Medan dengan Tunjukkan KTP

2. Pasien yang berobat di RS lainnya bisa manfaatkan program UHC

Rumah Sakit di Medan Mulai Terapkan Berobat Pakai KTP, Ada yang Belum!Ilustrasi kartu BPJS Kesehatan (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Beberapa rumah sakit lainnya sudah menerapkan kebijakan tersebut. Misalnya di Rumah Sakit Pringadi, Royal Prima dan Mitra Sejati. Rumah sakit ini tengah menerapkan berobat gratis dengan KTP.

Artinya, bisa memanfaatkan program yang diterapkan Wali Kota Medan, Bobby Nasution yakni Universal Health Coverage (UHC).

Misalnya, di Rumah Sakit Royal Prima itu sejak pukul 13.00 WIB banyak warga yang mengantre untuk mendaftar berobat gratis.

Hal serupa juga terjadi di Rumah Sakit Pringadi. Banyak warga yang berobat di ruang IGD langsung dipermudah.

"Iya langsung dipermudah biasanya harus ada surat ini itu, tapi ini Alhamdulillah bisa sekali saja," jelas Rahman yang sedang mengantarkan anaknya berobat.

3. Semua gratis baik itu penyakit berat maupun ringan jika menunjukkan KTP Medan

Rumah Sakit di Medan Mulai Terapkan Berobat Pakai KTP, Ada yang Belum!Gedung BPJS Ketenagakerjaan. (Dok. BPJS Ketenagakerjaan)

Sementara menurut Humas RS Mitra Sejati Medan, Porman Napitupulu mengaku pihaknya telah mendapatkan arahan mengenai hal tersebut. Hanya saja baru satu pasien yang bisa menerapkan program ini di UGD Mitra Sejati.

"Sejauh ini pasien lagi sepi sehingga program ini baru dapat di terapkan pertama kali disini," jelasnya.

Dikatakan Porman, baik itu UGD maupun rawat jalan akan dilayani sesuai program pemerintah Wali Kota Medan.

"Semua gratis baik itu penyakit berat maupun ringan jika menunjukkan KTP Medan," tutupnya.

Baca Juga: Mulai 1 Desember Warga Medan Bisa Berobat Hanya Pakai KTP

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya