Comscore Tracker

Masjid Raya dan Masjid Agung Medan Tetap Gelar Salat Iduladha

Terapkan protokol kesehatan ketat

Medan, IDN Times - Hari Raya Iduladha 2020 jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 ini. Kementerian Agama (Kemenag) telah menggelar sidang isbat, sesuai pengamatan hilal yang dilakukan di 87 titik seluruh Indonesia. 

Di tengah pandemik COVID-19, beberapa masjid di kota Medan tetap akan menggelar salat Id berjemaah.

1. Masjid Raya Al-Mashun, beri gratis masker bagi para jemaah untuk salat Id

Masjid Raya dan Masjid Agung Medan Tetap Gelar Salat IduladhaSuasana salat tarawih pertama di Masjid Raya Al Mashun Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Sekretaris BKM Masjid Raya Medan, Zaini Hafiz menjelaskan bahwa, Masjid Raya Al-Mashun akan tetap menggelar salat Iduladha. “Insyallah akan kita lakukan, sesuai dengan protokol kesehatan. Sebelumnya juga kami sudah dihimbau oleh semua pihak,” ucapnya.

Sementara untuk kurban, ia mengaku masih belum ada tanda-tanda yang ingin berkurban di Masjid Raya Al-Mashun Medan. “Biasanya 2 hari sebelum hari raya Iduladha orang baru kasih kurban ke kita,” ungkapnya.

Baca Juga: Robek Al-Quran di Masjid Raya Medan, Pria Ini Dituntut 4 Tahun Penjara

2. Jemaah Masjid Agung lakukan peraturan sesuai fatwa majelis ulama

Masjid Raya dan Masjid Agung Medan Tetap Gelar Salat Iduladhailustrasi Masjid Agung Medan (medanwisata.com)

Selain itu masjid besar lainnya Masjid Agung Medan juga tetap menggelar salat Iduladha berjemaah. Seperti sebelum-sebelumnya namun juga melakukan protokol kesehatan.

“Iya, ada tetap. Kita tetap melakukan protokol kesehatan sesuai peraturan fatwa majelis ulama. Bawa sajadah masing-masing, jaga jarak, cuci tangan dan yang sehat dianjurkan untuk solat kalau yang sakit dirumah,” jelasnya.

3. Disarankan tidak saling bersalaman, usai laksanakan salat

Masjid Raya dan Masjid Agung Medan Tetap Gelar Salat IduladhaRibuan umat muslim memadati padang Arafah, Arab Saudi, saat wukuf, Sabtu (5/11). Jutaan umat muslim dari berbagai negara mengikuti prosesi puncak haji 1432 H. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Selain itu, nantinya para jamaah akan disarankan tidak saling bersalaman setelah salat Iduladha dan wajib untuk memakai masker.

“Tidak saling bersalaman, memakai masker, di depan ada juga nanti spanduk yang akan terpampang untuk dapat diketahui oleh para jemaah peraturan kesehatan mengikuti solat Iduladha,” jawabnya.

Baca Juga: Hari Raya Iduladha, Masjidil Haram Ditutup untuk Publik

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya