Bobby Ingin Tata dan Pertahankan Heritage Medan untuk Wisata 

Nantinya bisa memberi wadah kepada UMKM untuk ekonomi

Medan, IDN Times - Deretan bangunan tua yang berada di jalan Kesawan merupakan kawasan heritage di kota Medan. Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution berjanji akan menata dan mempertahankannya.

Dari hal tersebut, menurutnya nanti ada pemulihan ekonomi di kota Medan pada cagar budaya. "Cagar budaya itu memang jadi target kita. Kemaren sore saya sudah lihat langsung terkhusus di Kesawan kalau bisa ini kita percepat mudah-mudahan tahun ini bisa kita lakukan karena sudah ada semua. DED-nya sudah ada itu," ujarnya, pada Senin (1/3/2021).

Selain perbaikan bangunan kesawan, ia mengatakan Taman Ahmad Yani dan Pajak Ikan Lama juga termasuk. Sehingga masyarakat kota Medan dapat berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan).

"Saya sendiri sebagai pemerintah Kota Medan gak bakal bisa kalau masyarakat kota medan sendiri tidak ikut bergerak makanya perlu kerjasama dan kolaborasi. Kalau konsep dan segala macam kita sudah ada," tutur Bobby.

Namun, untuk konsep yang akan dibuat oleh Wali Kota Medan ini menaku menjadi tempat wisata. "Konsepnya nanti itu pasti tempat wisata dan yang utama sekarang untuk menunjang perekonomian kita masa pandemik atau pun pemulihan ekonomi ini terkhususnya untuk UMKM. Nanti akan kita peruntukkan untuk teman-teman UMKM," jelas menantu Presiden Jokowi itu.

1. Bobby akan pertahankan heritage Medan

Bobby Ingin Tata dan Pertahankan Heritage Medan untuk Wisata Potret Kawasan Kesawan Medan pada 1920 dan 2020 (Dok. Gedung Arsip Pemko Medan, IDN Times/Indah Permata Sari)

Dijelaskan Bobby, perbaikan pertama di kawasan tersebut yakni mengembalikan dan mempertahankan cagar budaya yang sudah banyak berubah.

"Itu kan banyak sudah kita lihat bentuk-bentuknya yang selama ini harusnya kita pertahankan sudah banyak berubah dan ini kita akan kembalikan lagi. Benar-benar sebagai cagar budaya. Bangunan lama itu heritage kita kembalikan lagi," tutur Bobby.

Baca Juga: Bobby Janji Tambah Armada untuk Pemadam Kebakaran Medan

2. Bobby minta masyarakat sekitar bangunan dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan

Bobby Ingin Tata dan Pertahankan Heritage Medan untuk Wisata Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman saat melakukan rapat virtual Damkar (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Bobby mengakui, adanya persoalan yang akan dihadapi salah satunya di sekitaran bangunan tersebut milik pribadi. Ia meminta masyarakat dapat berkolaborasi dengan pemerintah.

"Makanya tadi saya katakan kita gak bisa sendiri. Pemerintah kota Medan ini gak bisa sendiri. Kita pemerintah kota Medan mohon dibantu sama masyarakat. Kolaborasi lah, kita gak bisa maksa masyarakat tapi kita ajak, kita edukasi," tambahnya.

3. Bobby akan lakukan perbaikan infrastruktur terlebih dahulu

Bobby Ingin Tata dan Pertahankan Heritage Medan untuk Wisata Potret Kawasan Kesawan Medan pada 1920 dan 2020 (Dok. Gedung Arsip Pemko Medan, IDN Times/Indah Permata Sari)

Saat ini, menurutnya sudah mulai ada komunikasi kepada pihak berkaitan (warga sekitar yang memiliki bangunan pibadi di Kesawan).

"Sudah. Sudah ada komunikasi dan minggu ini kita lakukan komunikasi terus," tambah Bobby.

Namun, untuk pengelolaan UMKM untuk pemulihan ekonomi di daerah Kesawan tersebut. Yang harus diutamakan terlebih dahulu infrastrukturnya.

"UMKM nanti dulu. Nanti kita perbaiki dulu infrastrukturnya. Kita perbaiki dulu bangunanya disana baru kita masukkan UMKM disana," terang suami Kahiyang Ayu ini.

Baca Juga: Gubernur Edy Beri Pesan Ini ke 11 Kepala Daerah, Terutama Bobby-Aulia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya