Comscore Tracker

Besok Dilantik Sebagai Rektor USU, Ini Rekam Jejak Muryanto Amin

Jabatan terakhir sebagai Dekan FISIP USU

Medan, IDN Times - Muryanto Amin, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) yang telah terpilih untuk masa periode 2021-2026 akan dilantik besok, Kamis (28/1/2021) di Kemendikbud Jakarta. Dirinya menggantikan Prof. Runtung Sitepu yang telah selesai menjabat pada bulan Januari 2021.

Muryanto meraih 18 suara (57,75%) dari total 31 suara yang diperebutkan. Sementara dua kandidat lainnya, Prof Farhat mendapat 11 suara (35,75%) dan Prof Arif dengan dua suara (6,5%). 

Ia juga diketahui sebagai rektor USU pertama dari Fakultas Fisip dan merupakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), yang menjabat sejak 2016 silam. Ayah tiga anak ini adalah seorang aktivis HMI.

Lalu bagaimana Biofile Muryanto Amin yang bergelar depan Dr. dan bergelar belakang S.Sos, M.Si. Berikut IDN Times rangkum rekam jejak akademisnya mulai duduk di bangku Sekolah SD hingga S3.

1. Muryanto pernah SD di Taman Sarjana tahun 1980-1986

Besok Dilantik Sebagai Rektor USU, Ini Rekam Jejak Muryanto AminDekan FISIP USU Dr Muryanto Amin (Dok. IDN Times)

Lelaki ini merupakan warga asli Medan, kelahiran 30 September 1974. Muryanto SD di salah satu SD swasta di kota Medan, yakni Taman Sarjana pada tahun 1980 hingga 1986.

Muryanto yang sudah beranjak usia 47 tahun ini, melanjutkan SMP di SMP Pertiwi dikota Medan pada Tahun Ajaran 1986-1989. Hingga Tamat di SMA Negeri 3 kota Medan ditahun 1989-1992.

Baca Juga: Rektor USU Dilantik Besok, Edy Minta Runtung Cabut Sanksi Muryanto

2. Memulai perkuliahan di USU dengan program studi Ilmu Sosial

Besok Dilantik Sebagai Rektor USU, Ini Rekam Jejak Muryanto AminMuryanto Amin, Dekan FISIP USU (Dok. IDN Times)

Memulai perkuliahan di USU pada tahun 1992 hingga 1997 dengan program studi yang dipilihnya yakni Ilmu Sosial.

Untuk dapat menyelesaikan studinya, Muryanto memilih judul skripsi menarik yakni, Perumusan Kebijakan Publik di Daerah (Studi tentang Perumusan Kesepakatan Kerja Bersama pada Perusahaan Perkebunan Besar di Sumatera Utara) dengan dosen pembimbingnya pada saat itu adalah Drs. Ridwan Rangkuti, MA/Drs, dan Robinson Sembiring, MA.

3. Muryanto ambil S2 dan S3 di Universitas yang sama yakni Universitas Indonesia

Besok Dilantik Sebagai Rektor USU, Ini Rekam Jejak Muryanto AminMuryanto Amin, Dekan FISIP USU (Dok. IDN Times)

Muryanto melanjutkan S2 (Magister) di Universitas Indonesia (UI) dengan Program Studi Ilmu Politik, pada tahun 2006-2008. Saat itu, judul yang dipilih Muryanto juga menarik yaitu Organisasi Pemuda Tingkat Lokal: Studi Keterlibatan Pemuda Pancasila, Ikatan Pemuda Karya dan FKPPPI dalam Pilkada langsung kota Medan tahun 2005 bertempat di Jakarta dengan dosen pembimbing yakni Dr. Isbodroini Soeyanto, MA.

Dan Muryanto pun melanjutkan pendidikannya S3 bergelar Doktor yang masih di Universitas Indonesia (UI), dengan program studi yang sama Ilmu Politik tahun 2008-2013. Dengan tesis berjudul Kekuasaan dan Politik Lokal (Studi tentang Peran Pemuda Pancasila untuk Mendukung Syamsul Arifin dan Gatot Pudjonugroho dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur), promotor saat itu adalah Prof. Amir Santoso, Ph.D, Prof. Dr. Burhan D. Magenda dan Dr. Isbodroini, MA.

Untuk informasi, Muryanto sebagai Dekan dan dosen FISIP USU yang aktif mengajar, Muryanto diketahui juga pernah menjabat sebagai komisaris independen PTPN V.

Baca Juga: Muryanto Jadi Rektor Baru, Pertama dari FISIP Sepanjang Sejarah USU

Topic:

  • Indah Permatasari
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya