Comscore Tracker

Anggaran PSU 3 Kabupaten Sumut Capai Rp3 M, Gubernur: Gak Ada Kendala

PSU digelar 24 April di Labuhanbatu, Labusel dan Madina

Medan, IDN Times - Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memastikan tak akan ada kendala dalam pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Sumut. Hal ini dikatakan usai melakukan audiensi dengan KPU Sumut, terkait memaparkan persiapan PSU di 3 Kabupaten.

Diketahui Pilkada di Labuhanbatu, Labuhan Selatan (Labusel) dan Mandailing Natal (Madina) sebelumnya bermasalah dan Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk mengelar PSU di beberapa TPS.

1. Edy menilai demokrasi harus dilakukan oleh masyarakat, sehingga tak boleh dipersulit

Anggaran PSU 3 Kabupaten Sumut Capai Rp3 M, Gubernur: Gak Ada KendalaDok.IDN Times/istimewa

Edy Rahmayadi mengatakan pertemuan dengan KPU Sumut membahas tentang, bagaimana kondisi keamanannya dalam rangka pemungutan. 

"Itu nanti Kapolres dan PT. Torganda kita undang untuk kita mendiskusikan, hari Jumat siang," jelas Edy, Rabu (24/4/2021).

Menurutnya, PSU yang akan dilaksanakan pada 24 April mendatang merupakan suatu proses memberikan kesempatan amanah dari rakyat memilih pemimpinnya. Artinya, hal ini menjadi suatu demokrasi dan tak perlu dipersulit.

"Tak boleh sulit-sulit, ini kan demokrasi. Demokrasi tak boleh ada yang sulit. Dan tidak ada alasannya Torganda ikut campur dalam urusan ini. Dia hanya memfasilitasi tempat, kegiatan semuanya baik kemanan, pelaksanaan, itu dilakukan dari KPU," tuturnya.

Baca Juga: KPU Sumut Tunggu Arahan untuk Pemungutan Suara Ulang di Tiga Kabupaten

2. Gubernur pastikan tak ada kendala pelaksanaan PSU

Anggaran PSU 3 Kabupaten Sumut Capai Rp3 M, Gubernur: Gak Ada KendalaANTARA FOTO/Reno Esnir

Menurutnya, sampai saat ini, untuk anggaran PSU yang akan dilakukan nantinya tak ada kendala. "Gak ada, gak ada. Kan sudah berjalan, otomatis dengan aturan-aturan di Kabupaten," tutup Edy.

Edy juga menghimbau untuk dapat melakukan demokrasi sesuai dengan aturan. "Demokrasi itu adalah memberikan kesempatan, amanah dari rakyat maupun pemilik pemimpinnya. Jangan dihambat-hambat, jangan ada intervensi lakukan semuanya," ucapnya.

3. Akumulasi anggaran mencapai total Rp3 miliar

Anggaran PSU 3 Kabupaten Sumut Capai Rp3 M, Gubernur: Gak Ada KendalaTPS 22 Asam Kumbang Tasbih, Sumatera Utara (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu, Ketua KPU Sumut, Herdensi mengatakan untuk logistik dalam proses pencetakan karena adanya penambahan surat suara.

Sedangkan untuk akumulasi anggaran, bertotal mencapai sekitar, Rp3 miliar, dengan perincian Labusel sekitar Rp1,9 miliar, Madina sekitar Rp600 juta, Labuhanbatu sekitar Rp1,2 sampai Rp.1,3 miliar.

"Karena ini kami juga harus mempersiapkan selain logistik, kemungkinan kalau kemudian ada sengketa hukum juga harus dipersiapkan," ungkapnya.

Untuk informasi perencanaan pelaksanaan PSU di 3 Kabupaten yakni bertotal 28 TPS dengan rincian Labuhan Batu ada 9 TPS, Labusel ada 16 TPS, Mandina ada 3 TPS. 

Baca Juga: Polda Sumut Larang Sahur on The Road, Sabhara dan Brimob Akan Patroli

Topic:

  • Indah Permatasari
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya