Ada Job Fair Diikuti 32 Perusahaan untuk 600 Loker di Manhattan

Digelar hanya selama dua hari

Medan, IDN Times - Pemko Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan kembali menggelar job fair. Kali ini bekerjasama dengan Manhattan Urban Market selama dua hari Senin (20/11/2023) dan Selasa (21/11/2023). Kegiatan ini diikuti 32 perusahaan dengan yang menyediakan 600 lebih lowongan kerja.

Lokasinya tepat berada di sebelah Manhattan Times Square Jalan Gatot Subroto Medan, dengan stand-stand perusahaan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Medan Illyan Chandra Simbolon diwakili Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Duma Gultom, menjelaskan, kegiatan ini wujud kolaborasi antara Pemko Medan dengan pihak swasta dalam membuka peluang pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.

“Penyelenggaraan job fair kali ini tidak menggunakan APBD. Kita berkolaborasi dengan pihak swasta. Sesuai dengan tupoksi kita melakukan penempatan tenaga kerja, baik di dalam negeri maupun luar negeri,” ungkapnya.

Menurutnya, kolaborasi dengan pihak lain tentu akan memperbanyak kegiatan dan sekaligus memperluas kesempatan pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan.

1. Selain job fair ada juga aplikasi SIDUTA

Ada Job Fair Diikuti 32 Perusahaan untuk 600 Loker di ManhattanSuasana job fair di Medan (Dok. Diskominfo Medan)

Duma menambahkan, dalam pelaksaan tupoksi menempatkan tenaga kerja, baik di dalam negeri maupun luar negeri, pihaknya juga juga melaksanakan job fair yang bersumber dari dana APBD.

“Pada tahun ini sudah kita gelar sebanyak sembilan kali. Untuk tahun ini, tinggal sekali lagi, yang rencananya akan kita gelar di KIM, Medan Deli,” ungkapnya.

Selain menggelar job fair, ungkap Duma, Dinas Ketenagakerjaan Medan mempunyai aplikasi Siduta yang dapat menjadi jembatan penghubung antara perusahaan dan pencari kerja, juga pemerintah.

“Selain platform pengembangan karir, Siduta dapat digunakan untuk meningkatkan skill, kompetensi, dan menjadi tempat bagi seluruh angkatan kerja, pemerintah, dan perusahaan saling terhubung dan memang aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh warga Medan,” ungkapnya.

Aplikasi ini menyajikan informasi lowongan kerja, magang, dan juga melayani pengaduan perselisihan serta pembuatan Kartu AK1.

2. Para pencari kerja sebagian besar merupakan mahasiswa

Ada Job Fair Diikuti 32 Perusahaan untuk 600 Loker di ManhattanSuasana job fair di Medan (Dok. Diskominfo Medan)

Para pencari kerja didominasi oleh mahasiswa, salah satunya Muhammad Rizik Rianka Akbar. Dia mengaku sedang membutuhkan pekerjaan untuk membantu orang tua. Informasi pelaksanaan job fair ini didapatnya dari media sosial.

"Harapannya kegiatan seperti ini berkelanjutan karena memang sangat dibutuhkan oleh anak-anak muda yang belum mempunyai pekerjaan," ucap Rizik yang merupakan warga Kecamatan Medan Helvetia,

3. Pencari kerja luar kota Medan juga turut mendaftar

Ada Job Fair Diikuti 32 Perusahaan untuk 600 Loker di ManhattanSuasana job fair di Medan (Dok. Diskominfo Medan)

Bukan hanya pencari kerja Medan yang mendatangi lokasi. Anggia Irhamna, warga Stabat, juga datang ke acara ini untuk mendaftar diri.

Baginya, job fair ini adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan.

“Dan tentu kita berharap lebih banyak lagi perusahaan yang ikut agar lebih banyak juga lowongan yang tersedia,” ungkapnya.

Adapun 32 perusahaan peserta job fair yakni BTPN Syariah, PT SJS, PT Surya Bintang Gemilang, Gema Sehat Indonesia, CV Gunung Mas Sejahtera, PT WOM Finance Tbk, PT Woong Rame, PT Gaya Makmur Mulia PT MESTINDO, PT Atma Meraki.

Turut pula sebagai peserta job fair ini PT Gunung Sari Indonesia, Nikmat Anugerah Nusantara, Cambridge Mall, PT SCS, PT MSS Group Medan PT SWAPRO Internasional. PT DKSH Wicaksana Overseas International Tbk, PT Pharos Indonesia, PT Capella Medan PT Sinar Jernih Suksesindo, PT MNC PLAY, PT Meta Creative Ind, PT OCEAN CENTRA FURNINDO, PT Surya Citra Solution-FS, PT Sardana Indah Berlian Motor, PT BPR Mitra Sumber Makmur, Botanical Living, Sumber Daya Mandiri, PT Eka Perkasa, PT Capella Multidana, PT PNM MUM, dan Aroma Bakery & Cake Shop.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya