Comscore Tracker

Wakil Bupati dan Sekda Simalungun Berebut Dukungan PDI-P untuk Pilkada

Siap bertarung sebagai calon Bupati Simalungun

Simalungun, IDN Times - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Simalungun, sejumlah bakal calon sudah mulai menunjukkan diri. Dua nama yang menyatakan siap maju adalah Amran Sinaga yang saat ini masih menjabat Wakil Bupati Simalungun dan Sekda Simalungun Gidion Purba 

Kali ini Amran Sinaga akan menjadi calon Bupati. Pernyataan ini disampaikan Amran Sinaga usai mengikuti pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab) serentak PDI Perjuangan se Sumatera Utara Zona II. "Kalau Tuhan merestui saya akan maju lagi menjadi calon Bupati, sama kalau masyarakat memberi dukungan," ucapnya dengan senyumnya yang khas, Sabtu (13/7).

Baca Juga: Gerindra dan PKS Mau Gabung ke Koalisi Jokowi? Ini 3 Syarat dari PDIP

1. PDI Perjuangan dimungkinkan sebagai partai pengusung

Wakil Bupati dan Sekda Simalungun Berebut Dukungan PDI-P untuk PilkadaDok.IDN Times/istimewa

Mengenai kehadirannya di Konfercab PDI Perjuangan di Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Amran Sinaga mengaku bahwa ini bagian dari jabatannya selaku Wakil Bupati Simalungun. Namun dirinya tidak menyangkal soal ketertarikannya dengan PDI Perjuangan.

"Saya sangat mengapresiasi (PDI Perjuangan) karena dua kali pemilu dua kali menjadi pemenang" ucapnya.

Baginya, PDI Perjuangan tidak menutup menjadi salah satu partai untuk mengusung dirinya sebagai calon Bupati. Dan semua itu kembali kepada partai berlogo banteng tersebut.

"Tergantung bagaimana mereka (pengurus PDI Perjuangan) melihat kita," jelasnya sembari mengungkit sedikit pesan ketua DPP PDI Perjuangan Syukur Nababan, bahwa partai ini adalah partai yang besar dan pelopor.

2. Gidion Purba sebagai Sekda juga menyiapkan diri bertarung

Wakil Bupati dan Sekda Simalungun Berebut Dukungan PDI-P untuk PilkadaDok.IDN Times/istimewa

Hal tidak menarik dalam Konfercab itu adalah kehadiran Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Simalungun yaitu Gidion Purba.

Diakuinya, kehadirannya di kesempatan ini bagian dari pendekatan terhadap partai dan dengan tegas Gidion Purba menyatakan dirinya juga sudah siap bertarung mengambil kursi Bupati. 

3. Gidion juga berharap diusung PDI-P

Wakil Bupati dan Sekda Simalungun Berebut Dukungan PDI-P untuk PilkadaIDN Times/Patiar Manurung

Gidion sangat berharap kelak PDI Perjuangan membuka ruang menjadikan dirinya sebagai bakal calon dan calon Bupati hingga menang sebagai Bupati Simalungun.

"Persiapan 2020 (Pilkada) dimulai dari sekarang, kedatangan saya ini termasuk bagian dari persiapan. Kalaubada partai yang mengusung pasti menjadi calon Bupati. Kehadiran saya karena respek dengan partai ini dan mudah-mudahan partai ini juga respek dengan saya," kata Gidion.

Untuk bertarung melawan Amran Sinaga, Gidion Purba juga mengaku sudah mempersiapkan diri. Sementara soal wakilnya nanti, Gidion Purba masih enggan mengomentarinya, tetapi kelak ada partai yang mengusulkan calon bisa menjadi masukan.

Mengenai statusnya sebagai ASN, juga sudah dipersiapkan. Artinya akan segera mungkin mengundurkan diri jelang pencalonan diri.

Baca Juga: DPRD Simalungun Desak Bupati Batalkan Pemberhentian 992 Guru

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya