UNBK Usai, Siswa SMPN 7 Kumpul Seragam, Coret-coretnya di Spanduk

Masih ada juga sih yang coret-coretan seragam di jalan

Medan, IDN Times- Siswa Menengah Pertama (SMP) di Indonesia telah selesai melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komentar (UNBK), Kamis (25/4). Seperti generasi sebelumnya, usai ujian siswa-siswi ini merayakan kelulusannya.

Di Kota Medan, ratusan pelajar SMP ini masih melakukan kebiasaan lama untuk merayakan kelulusan. Kebiasaan itu ialah aksi coret-coret seragam sekolah. Mereka berkumpul di lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, pada Kamis (25/4) sore. 

Namun ada juga yang menggelar kegiatan positif. Seperti para siswa SMP Negeri 7 Medan yang menggelar aksi bagi-bagi seragam. Sementara bagi yang berhasrat tetap ingin coret-coret dituangkan di spanduk putih.

1. Siswa-siswi SMP Negeri 7 Medan lakukan aksi pengumpulan seragam untuk disumbangkan ke adik kelas

UNBK Usai, Siswa SMPN 7 Kumpul Seragam, Coret-coretnya di SpandukIDN Times/Fadli Syaputra

Namun ada yang berbeda dilakukan siswa-siswi di SMP Negeri 7 Medan. Mereka mengumpulkan seragamnya untuk disumbangkan kepada adik kelasnya. Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Medan,  Irnawati mengatakan imbauan itu disampaikan melalui surat dengan nomor : 6017/SMP/2019, yang dikeluarkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan, sebelum pelaksanaan UNBK berakhir.

"Pertama, menganjurkan siswa dan orang tua untuk memberikan pakaian seragam yang masih layak kepada adik-adik kelas yang membutuhkan.‎ Kedua, menggunakan baju seragam batik saat ujian," ungkapnya.

Baca Juga: Terjadi Gangguan Jaringan, 39 Pelajar SMPN 2 Harus Ujian Susulan

2. Coret-coretnya di spanduk putih saja dan pulang bersama orang tua

UNBK Usai, Siswa SMPN 7 Kumpul Seragam, Coret-coretnya di SpandukIDN Times/Fadli Syaputra

Selain itu menurut Irnawati, pihaknya memberikan fasilitas coret-coret kearah positif dengan menggunakan spanduk putih. Di spanduk itu, pelajar dipersilahkan menuliskan komitmen mereka untuk ‎terus belajar dan melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

"Nah, di spanduk itu mereka dibolehkan untuk menulis harapannya. Terakhir, pulang harus dijemput orang tua.‎ Kalau tidak dijemput, kami menahan sementara sampai batas waktu yang kami anggap kondusif untuk dibolehkan pulang," jelas Irnawati.

3. Siswa yang coret-coretan di jalan terpusat di Lapangan Merdeka dan Titi Gantung

UNBK Usai, Siswa SMPN 7 Kumpul Seragam, Coret-coretnya di SpandukIDN Times/Fadli Syaputra

Pantauan IDN Times di lokasi, ratusan siswa-siswi dari berbagai SMP di Medan ini datang secara bergerombol ke Lapangan Mereka Medan dan Titi Gantung. Mereka datang menumpangi mobil dan sepeda motor. Banyak dari mereka yang tidak memakai helm dan berboncengan tiga saat datang ke lokasi.

""Habis ujian, coret-coret la bg," kata sekelompok siswa saat melakukan aksi coret-coret seragam di Titi Gantung.

4. Di lokasi terlihat tak ada pengawalan dari petugas keamanan

UNBK Usai, Siswa SMPN 7 Kumpul Seragam, Coret-coretnya di SpandukIDN Times/Fadli Syaputra

Sejak sore, ratusan pelajar sudah berdatangan ke Lapangan Merdeka dan Titi Gantung. Namun petugas keamanan baik dari Kepolisian maupun Dishub tidak ada untuk melakukan pelarangan terhadap aksi coret-coret para remaja itu.

Tidak seperti perayaan UNBK untuk pelajar SMA yang mendapat pengawalan ketat dari pihak berwenang. Dengan tidak adanya petugas, ratusan pelajar semakin leluasa melakukan aksinya. Meskipun masing-masing sekolah sudah mengimbau tidak melakukan coret-coret seragam, tapi hanya sebagian kecil saja yang menurut.

Baca Juga: Pesepakbola Cilik Asal Medan Berhasil Masuk Milo Football Camp

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya