Comscore Tracker

Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 5 Kilometer

Guguran awan panas mengarah ke Timur dan Tenggara

Medan, IDN Times - Gunung Sinabung kembali erupsi Selasa (2/3/2021) pukul 07.11 WIB. Erupsi mengeluarkan guguran awan panas sejauh 2 kilometer mengarah ke arah Timur dan Tenggara.

"Masi terjadi guguran awan panas. Untuk guguran awan panas ini tercatat dengan amplitudo 120 mm, dengan durasi gempa selama 229 detik," ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra.

Selain itu tinggi kolom abu mencapai 5.000 meter. Ini menjadi letusan yang terlihat paling tinggi hingga abu menutupi keseluruhan gunung.

1. Potensi letusan masih tinggi

Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 5 KilometerGunung Sinabung (Dok. Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung-PVMBG)

Menurutnya potensi ke depan masih tinggi terjadinya letusan dan awan panas. Sinabung sebelumnya erupsi juga pada Minggu dan Senin

Intensitas erupsi Sinabung semakin tinggi. Melansir ANTARA, Gunung Sinabung juga erupsi pada Minggu (28/2) pukul 24.00 WIB hingga Senin (1/3) 00.00 WIB dini hari. Namun guguran saat itu tidak teramati dengan jelas karena cuaca mendung.

"Tidak teramati karena cuaca berawan dan mendung," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Natanail Perangin-angin, Senin (1/3/2021).

Begitu juga saat Minggu siang sekitar pukul 12.00 WIB, teramati dengan jarak luncuran 1.000 meter mengarah ke timur dan tenggara.

Guguran abu Sinabung jelas kelihatan.Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 50-300 meter di atas puncak kawah.

 

Baca Juga: Sinabung Semakin Aktif, Luncurkan Awan Panas Hingga 1,7 Km

2. Gunung Sinabung masih di level siaga

Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 5 Kilometertwitter/magmaindonesia

Meski aktivitas terlihat signifikan Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga dan petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi dalam radius 3 km dari puncak gunung.

Selanjutnya, pada radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

3. Masyarakat diimbau memakai masker jika terjadi hujan abu

Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 5 KilometerWarga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Baca Juga: [BREAKING] Gunung Sinabung Muntahkan Guguran Awan Panas

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya