Satgas Bencana BUMN Sumut Bantu Warga Terdampak Erupsi Sinabung

Bantuan diserahkan Inalum 

Karo, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) Bencana Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan bantuan kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Bantuan diserahkan  PT Inalum selaku Koordinator Satgas Bencana kepada warga Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo, Senin (23/8/2021). 

Bantuan ini gabungan dari 11 BUMN yang terdiri dari PT Inalum, Air Nav Indonesia, Hutama Karya, KIM, PT KAI, Pegadaian, Telkom, Bank BRI, Pelindo PTPN IV dan Jasa Marga.

1. Sebelumnya Inalum sudah lebih dulu menyerahkan bantuan

Satgas Bencana BUMN Sumut Bantu Warga Terdampak Erupsi SinabungDirut Inalum Sophie Watimena menyerahkan bantuan dari 11 BUMN ke warga Sinabung (Dok.IDN Times/istimewa)

PT Inalum sendiri secara mandiri sedianya telah melakukan  penyerahan bantuan pada 22 Juli 2021 lalu.  Adapun bantuan PT Inalum tersebut berupa masker sebanyak 3.650 masker medis dan Perusahaan peleburan aluminium itu juga menyerahkan sebanyak 160 kaleng kornet sapi siap saji. 

Kemudian bantuan yang dikumpulkan 11 BUMN yang ada di Sumatera Utara tersebut diserahkan bersamaan kemarin.

Baca Juga: Idul Adha, Inalum Berikan 37 Ekor Lembu Kurban untuk 36 Desa

2. Ada 10 desa yang terdampak

Satgas Bencana BUMN Sumut Bantu Warga Terdampak Erupsi SinabungDirut Inalum Sophie Watimena berbincang dengan Arya Sinulingga saat menyerahkan bantuan dari 11 BUMN ke warga Sinabung (Dok.IDN Times/istimewa)

Bantuan diberikan langsung Dirut PT Inalum Shopia Wattimena kepada Camat Taman Teran, Dwikora Sitepu. Turut hadir Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting dan Stafsus Kementerian BUMN Arya Sinulingga. 

"Kami harapkan bantuan ini mampu meringankan korban bencana alam Gunung Sinabung yang sempat erupsi beberapa waktu lalu. Semoga warga tetap semangat dalam menjalankan aktivitasnya," kata Shopia Wattimena. 

Informasi yang diterima, bantuan tersebut disalurkan juga di desa yang menerima dampak. Yakni Desa Sukandebi, Sukatepu, Ndeskati, Naman, Gungpinto, Kutambelin, Kebayaken, Kutarayat, Kutagugung dan Desa Kutatonggal. 

3. Rincian bantuan dari 11 BUMN

Satgas Bencana BUMN Sumut Bantu Warga Terdampak Erupsi SinabungDirut Inalum Sophie Watimena menyerahkan bantuan dari 11 BUMN ke warga Sinabung (Dok.IDN Times/istimewa)

Adapun BUMN yang turut menyerahkan bantuan secara bersama antara lain PT Inalum sebanyak 500 masker kain, Air Nav Indonesia dengan bantuan sebanyak 500 masker kain , Hutama Karya dengan bantuan 500 masker kain , KIM dengan 500 masker medis, PT KAI menyumbang 500 masker kain , Pegadaian menyumbang 5.000 masker bedah dan 60 masker kain , Telkom menyumbang 500 masker sensi , Bank BRI menyumbang 1.000 masker kain , Pelindo menyerahkan sebanyak 500 masker kain , PTPN IV dan Jasa Marga juga masing-masing menyerahkan 500 masker kain ditambah Moist Blower dari Jasa Marga sebanyak 10 buah yang keseluruhan bantuan tersebut di total terkumpul 11.060 buah.

Baca Juga: Sinabung Tak Bisa Didaki, 5 Rekomendasi Tempat Naik Gunung di Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya