Comscore Tracker

Longsor Sibolangit, Dari Berastagi Menuju Medan Harus Lewat Langkat

Jalur alternatif karena lalu lintas terputus di simpang PDAM

Deli Serdang, IDN Times - Longsor yang terjadi di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu (23/10/2021) malam menyebabkan arus lalu lintas lumpuh. Terutama dari Medan menuju Berastagi dan sebaliknya.

Hingga pergantian hari, Minggu (24/10/2021) dini hari, petugas gabungan berusaha mengurai antrean panjang yang terjadi karena reruntuhan batu dan material tanah akibat longsor. Dua mobil terjebak reruntuhan dan tiga orang dikabarkan tewas.

1. Warga dari Berastagi menuju Medan punya pilihan lewat jalur alternatif

Longsor Sibolangit, Dari Berastagi Menuju Medan Harus Lewat LangkatPetugas kepolisian di lokasi longsor di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara yang terjadi Sabtu (23/10/2021). (instagram/poldasumaterautara)

Satuan Lalulintas Polres Tanah Karo melakukan tindakan pengalihan arus lalu lintas, terutama dari Berastagi yang ingin menuju Medan. Warga harus mengambil jalur alternatif menuju Kabupaten Langkat.

"Jalur alternatif dari Berastagi menuju Medan bisa lewat Langkat. Kita sudah memasang  water barrier (pembatas jalan) yang ditempatkan di depan Pos Lantas Doulu," kata Kasatlantas Polres Karo, Ita Lestari. 

Tapi jika warga mau menunggu proses evakuasi selesai harus memarkirkan kendaraannya agar tidak semakin membuat jalanan macet.

Baca Juga: [BREAKING] Longsor di Simpang PDAM Sibolangit, Satu Mobil Tertimbun

2. Ini rute dari Berastagi menuju Medan

Longsor Sibolangit, Dari Berastagi Menuju Medan Harus Lewat LangkatIlustrasi Daerah Rawan Longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Beberapa personel kepolisian juga berjaga di Tugu Perjuangan Berastagi. Nantinya pengendara bisa melintasi jalur alternatif lewat tugu ini menuju Kecamatan Simpang Empat.

"Masuknya dari tugu Kol. Nanti bisa memilih dari jalur alternatif atau mutar," ucapnya.

Untuk informasi, jalur alternatif yang dimaksud adalah dari Kecamatan Berastagi menuju Kecamatan Simpang Empat. Seterusnya pengedara menuju Namanteran hingga ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Dari situ jalur menuju Pamah Semelir Kabupaten Langkat hingga menuju Binjai dan Medan.

3. Dua mobil tertimpa reruntuhan dan empat orang tewas

Longsor Sibolangit, Dari Berastagi Menuju Medan Harus Lewat LangkatLongsor yang terjadi di simpang PDAM, Sibolangit, Sabtu (23/10/2021). (instagram/poldasumaterautara)

Longsor yang terjadi di kawasan simpang PDAM Tirtanadi, Sibolangit, Deli Serdang, Sabtu (23/10/2021) ini menimbulkan korban jiwa. Sebanyak tiga orang dikabarkan tewas akibat bencana tersebut. 

Mereka merupakan penumpang mobil yang tertimpa reruntuhan. Hal itu dikonfirmasi Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar dilansir dari ANTARA.

Menurut Sonny, dua di antaranya sudah dievakuasi. Sementara dua lainnya masih terjebak di reruntuhan bangunan. "Satu orang masih hidup juga sudah dievakuasi," ujar kata Sonny. 

Baca Juga: [BREAKING] Longsor di Sibolangit, Tiga Orang Dikabarkan Tewas

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya