Comscore Tracker

APPSI Dipimpin Millennial, Ingin Digitalisasi Sistem Pedagang Pasar

Sudaryono dihadiahi Sepatu Bunut Asahan yang legendaris

Karo, IDN Times - Sudaryono terpilih untuk memimpin Pimpinan Pusat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (DPP APPSI). Sudaryono terpilih sebagai Ketua pada  Musyawarah Nasional (Munas) IV di Mikie Holliday Hotel & Resort, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatra Utara yang berakhir Minggu (22/8/2021).

Dalam pemungutan suara yang dilaksanakan tertutup, Sudaryono yang merupakan calon millennial mengungguli Yudianto Tri. Pria berusia 36 tahun tersebut meraih 179 suara sah, sementara Yudianto Tri 94 suara.

Munas dan pemilihan suara juga sebagian digelar secara virtual dalam rangka penerapan protokol kesehatan (prokes). Meraih kemenangan, yel-yel ‘Pedagang-Pejuang, Pejuang-Pedagang’ yang menjadi jargon Sudaryono pun diteriakkan peserta.

1. Sudaryono: Hanya kita yang bisa mengubah nasib sendiri

APPSI Dipimpin Millennial, Ingin Digitalisasi Sistem Pedagang PasarSudaryono (kanan) (Dok.IDN Times/istimewa)

Ke depan Sudaryono mengatakan, akan berkolaborasi dengan Yudianto Tri dan seluruh pengurus serta kader untuk bersama-sama membesarkan APPSI. “Terima kasih kepada seluruh peserta Munas APPSI yang mempercayakan kepengurusan APPSI kepada kami. Kami akan tetap berkerjasama dan berkoordinasi dengan Pak Tri dalam menjalankan visi dan misi organisasi,” ujar Sudaryono.

Menurutnya, Munas APPSI bukanlan pertandingan sepakbola dengan adanya pemenang dan ada yang kalah. “Ini kompetisi demokratis dan saling menghormati, Pak Tri adalah bagian dari APPSI, dan kita akan sama-sama membesarkan organisasi ini. Saya juga mohon bimbingan, arahan dan tuntunan dari pengurus APPSI dari DPP, DPW hingga DPD,” sebutnya.

“Dengan niat yang tulus dan doa kepada Allah SWT, izinkan saya menjalankan visi dan misi untuk membantu dan membesarkan pedagang pasar. Nasib kita yang mengubahnya harus kita sendiri.  Allah SWT tak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya,” ucap Sudaryono mengutip ayat suci Al-Quran.

Baca Juga: PPKM di Binjai, Satpol PP dan Pedagang Nyaris Baku Hantam

2. Program-program Sudaryono untuk pedagang pasar ke depannya

APPSI Dipimpin Millennial, Ingin Digitalisasi Sistem Pedagang PasarIlustrasi pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww)

Setelah terpilih, Sudaryono mengatakan, ada beberapa program besar yang diusungnya. Antara lain advokasi pedagang pasar, sehingga terlindungi dan memiliki posisi tawar yang tinggi bila suatu ketika terjadi problem. Dia juga akan melakukan digitalisasi sistem, sehingga memudahkan pedagang pasar dalam beraktivitas.

Sementara Yudianto Tri yang terlihat kompak dengan Sudaryono mengucapkan selamat atas terpilihnya sang rekan sekaligus rivalnya tersebut. “Selamat Mas Dar (panggilan Sudaryono). Inilah tokoh muda yang akan membawa APPSI dan para pedagang pasar 5 tahun ke depan. Selamat berkerja, saya mendukung. Ini sejarah. Inilah Munas paling demokratis. Dan, saya bangga bagian dari demokrasi itu,” sebutnya.

3. Dihadiahi Uis dan Sepatu Bunut yang melegenda

APPSI Dipimpin Millennial, Ingin Digitalisasi Sistem Pedagang PasarSudaryono dihadiahi sepatu bunut oleh Husni (Dok.IDN Times/istimewa)

Di akhir acara, Ketua DPW APPSI Sumut HM Husni memberikan Uis (ulos Karo) kepada Sudaryono dan Yudianto Tri, sebagai tanda kehormatan dan kebesaran. Husni juga memberikan hadiah kepada keduanya dan seluruh pengurus DPP berupa sepatu produksi Sumut yang dahulu pernah melegenda dan meminta mereka untuk memakainya. Di tempat yang sama, Husni juga memberikan hadiah bubuk kopi asli Sumut, ‘Tooke Kopi’.

“Ini adalah sepatu Bunut dari Asahan. Dahulu sepatu ini pernah diekspor dan membanjiri pasar dalam negeri. Sepatu ini adalah hasil produksi UKM kebanggaan Sumatera Utara,” ujar Husni. 

Baca Juga: Apa sih Bedanya Perbedaan Pasar Uang dengan Pasar Modal?

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya