Comscore Tracker

Sempat Terhenti, Pabrik Gula Milik PTPN II Kembali Beroperasi

Bikin syukuran dan santuni anak yatim

Binjai, IDN Times - Sempat tidak beroperasi mulai tahun 2014 lalu. Akhirnya pabrik penggilingan gula dibawah naungan PT Perkebunan Nusantara (PTPN II) kembali beroperasi, Selasa (25/2).

Selain pihak seluruh manajemen PTPN II yang hadir pada peresmian giling perdana. Acara juga dihadiri oleh unsur Forkopimda dari Pemerintah Provinsi Sumut dan Kabupaten Deliserdang.

1. Seluruh manajemen bekerjasama membesarkan pabrik penggilingan gula

Sempat Terhenti, Pabrik Gula Milik PTPN II Kembali BeroperasiPembukaan pabrik penggilingan tebu (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Direktur Utama PTPN II, M Iswan Achir merasa optimis jika pabrik gilingan gula ini akan terus beroperasi. Untuk itu, dibutuhkan kerjasama yang baik seluruh jajaran pegawai dan staf guna membangun dan membesarkan pabrik. Tak lupa, dirinya mengucapkan puji syukur atas kembali beroperasi pabrik yang sempat terhenti ini.

"Mari kita bangun sama-sama kembali, sama-sama kita mengupayakan kembali sebagaimana cita-cita kita kedepannya. Kondisi ini sempat terhenti akibat pemenuhan bahan baku yang mencapai dari target yang diharapkan salah satu dari perencanaan kita dulu," kata Iswan.

Baca Juga: Siapkan Rp40 Miliar, Binjai Akan Bangun Kawasan Industri Binjai 

2. Puluhan ribu lahan sudah ditanami tebu

Sempat Terhenti, Pabrik Gula Milik PTPN II Kembali BeroperasiPanen tebu (IDN Times/ istimewa)

Saat ini, kata dia, 8.500 hektar lahan sudah ditanami tebu. Per hektarnya, 76 ton tebu dihasilkan. Dengan kembali beroperasinya Pabrik Gula Sei Semayang, sudah pantas tebu ditanam ke lahan seluas 11 ribu hektar. Sayang, kondisi masih terkendala.

"Kendala di lapangan penggarap dan masyarakat luar. Makanya kami butuh dukungan untuk pelaksanaannya demi operasional giling gula yang dapat dikelola dengan baik," kata dia.

3. Sebanya 245 ton gula akan dihasilkan dari pabrik ini

Sempat Terhenti, Pabrik Gula Milik PTPN II Kembali BeroperasiGula yang dihasilkan dari penggilingan (IDN Times/ istimewa)

Bersama Direktur Produksi Marisi Butar-Butar, Direktur Komersil M Arwin Nasution dan Komisaris PTPN2 Andi Siahaan, dikatakan dia, cita-cita PTPN II adalah bagaimana operasional giling perdana ini dapat membekal pergulaan di Sumut. Dan PTPN Grup dapat memberikan sumbangsih kepada warga masyarakat Sumut dan secara nasional.

Pabrik Gula Sei Semayang memiliki kapasitas 4 ribu ton tebu. Tahap awal, PTPN II akan melakukan penggilingan 3.500 ton tebu dengan hasil 245 ton gula. Kedepan diharapkan penggilingan akan memenuhi target yang dicita-citakan.

"Kepada seluruh direksi, mari sama-sama kita menyamakan pandangan secara positif untuk kemajuan PTPN yang menjadi kebanggaan kita bersama," seru Dirut.

4. Pengaturan bisnis harus diperhatikan agar berkesinambungan

Sempat Terhenti, Pabrik Gula Milik PTPN II Kembali BeroperasiPembukaan pabrik penggilingan gula (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Direktur Pemasaran Holding PTPN III, Dwi Sutoro juga bersyukur atas pengoperasian Pabrik Gula Sei Semayang. "Sangat spesial ini karena sudah 5 tahun tidak beroperasi. Sebagai perusahaan milik negara, kita juga dituntut komersil dan bisnis untuk pendapatan," kata dia.

Dikatakan Dwi, buka hanya aspek komersil, tetapi juga aspek strategis. Harapannya, proses pengaturan bisnis dapat diperhatikan agar berkesinambungan. Aspek pengelolaan keuangan harus menjadi perhatian khusus. Berikan dukungan kepada PTPN II supaya dapat berjalan dengan berkelanjutan dan memberikan semangat membantu swasembada gula secara nasional," tukasnya.

5. Resmikan pabrik, PTPN II santuni anak yatim

Sempat Terhenti, Pabrik Gula Milik PTPN II Kembali BeroperasiDirut PTPN II santuni anak yatim (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah mengawali pelemparan tebu manten di Stasiun Giling Pabrik Gula Sei Semayang. Ini juga sebagai bentuk peresmian kembali pabrik dan giling perdana.

"Harapan kami, harga di masyarakat jangan sama dengan harga pabrik. Kalau bisa, di bawah standar," pungkas Wagub yang akrab disapa Ijeck.

Diakhir acara, PTPN II juga menyantuni anak yatim dalam kesempatan peresmian kembali dan giling perdana tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] 2 Truk Tabrakan dan Timpa Odong-odong yang Angkut Bocah

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya