Polres Binjai Tangkap 3 Orang Terduga Pelaku Perdagangan Orangutan 

Transaksi dilakukan di Terminal Bus Binjai

Binjai, IDN Times - Perdagangan satwa liar dilindungi masih kerap terjadi. Kali ini petugas kepolisian Polres Binjai, berhasil menangkap terduga pelaku perdagangan orangutan.

Para pelaku diamankan ketika menjemput peti berisi Orangutan Sumatera di Terminal Binjai Jalan Ikan Paus, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatra Utara, Selasa (1/2/2022) dini hari.

1. Penangkapan berdasarkan laporan dan koordinasi Sumeco ke Polres Binjai

Polres Binjai Tangkap 3 Orang Terduga Pelaku Perdagangan Orangutan Orangutan yang berhasil diselamatkan dari perdagangan di Binjai (Dok.IDN Times/ istimewa)

Proses penangkapan berawal dari laporan dan hasil koordinasi Sumatera Ecoproject (SUMECO) ke Polres Binjai. Lembaga yang bergerak dalam melindungi dan melestarikan satwa liar dilindungi melakukan penyelidikan.

Ditemukan hasil, akan terjadi transaksi perdagangan Orangutan di Binjai. "Benar. Ada proses penangkapan bang. Tapi masih pendalaman ya," kata Kasubag Humas Polres Binjai Iptu Djunaedi, melalui pesan WhatsApp.

Baca Juga: BBKSDA Sita Orangutan dari Kediaman Bupati Langkat

2. Disergap petugas ketika hendak membawa orangutan ke dalam mobil

Polres Binjai Tangkap 3 Orang Terduga Pelaku Perdagangan Orangutan Proses penangkapan dan pengamanan pelaku perdagangan Orangutan di Binjai (Dok.IDN Times/ istimewa)

Kemudian para personel Polres Binjai bergerak ke lokasi. Pasukan dipimpin Kanit 3 Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Iptu Muhammad Firdaus. Setelah kurang lebih hampir sejam, terpantau mobil mini bus berwarna putih meletakkan sebuah peti di halaman toko yang berada di Terminal.

Beberapa menit kemudian, satu unit mini bus warna hitam dengan nomor plat 1397 AH, mendekati peti. "Terkait tersangka yang diamankan belum bisa kita jelaskan," sambung Djunaedi.

3. Selain Orangutan, dikabarkan 3 orang diamankan petugas kepolisian

Polres Binjai Tangkap 3 Orang Terduga Pelaku Perdagangan Orangutan Polres Binjai gagalkan perdagangan Orangutan (Dok.IDN Times/istimewa)

Beberapa orang yang hendak memindahkan peti yang di dalamnya Orangutan Sumatra. Petugas kepolisian langsung melakukan penyergapan yang disebut melibatkan tiga orang. Petugas pun lantas memboyong peti yang berisi Orangutan.

Petugas juga dikabarkan mengamankan tiga orang yang diduga terlibat. "Entar bang, masih dalam proses, nanti kalau sudah kelar pastinya kita rilis," pungkas Junaedi.

Begitu juga Kasat Reskrim Polres Binjai AKP Rian. Dihubungi via selular tak diangkat dan WhatsApp, yang dilayangkan tak kunjung dibalas.

Baca Juga: Deretan Fakta Tol Binjai-Stabat yang akan Diresmikan Presiden Jokowi 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya