Comscore Tracker

Malam Tahun Baru, Ini Daftar Ruas Jalan yang Dialihkan di Binjai

Sistem buka tutup diberlakukan 

Binjai, IDN Times - Guna mengurai kemacetan pada malam pergantian Tahun 2022,  Polres Binjai akan melakukan rekayasa Lalulintas di sejumlah ruas jalan.

Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting mengatakan untuk mengurai kemacetan yang dimaksudkan kepanjangan dari keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

"Pada rekayasa arus lalu lintas, nantinya ada beberapa ruas jalan yang awalnya dua arah  berlawanan, kita jadikan menjadi satu arah dan akan terjadi beberapa pengalihan arus," kata Ferio, Kamis (30/12/2021).

1. Hindari kerumunan guna mengantisipasi klaster baru COVID-19

Malam Tahun Baru, Ini Daftar Ruas Jalan yang Dialihkan di BinjaiKapolres Binjai dan Kasat Lantas usai memberikan keterangan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Ferio Ginting mengatakan, rekayasa lalu lintas dilakukan agar tidak terjadi kemacetan dan terjadi kerumunan warga sehingga mengakibatkan penyebaran COVID-19.

"Kita akan menempatkan para personel gabungan dari kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol-PP untuk membantu pengamanan malam tahun baru," jelasnya.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, 110 Jalan Medan Ditutup dan 6 Titik Dijaga Ketat 

2. Berikut rute jalan yang akan dialihkan pada malam tahun baru

Malam Tahun Baru, Ini Daftar Ruas Jalan yang Dialihkan di BinjaiIlustrasi rekayasa lalu lintas oleh Dishub DKI Jakarta (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Pada kesempatan itu Kasat Lantas Polres Binjai, AKP Djoko Lelono menjelaskan, ruas jalan yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas yakni dari Lincun, Kecamatan Binjai Barat, akan dialihkan ke Jalan Ismail atau simpang pertanian, Kecamatan Binjai Barat.

Selanjutnya arus lalu lintas dari Jalan Ahamad Yani, Kecamatan Binjai Kota, dialihkan ke Jalan Mahkamah dan Jalan Gandi, Kecamatan Binjai Kota, simpang Pekong Keling lalu Jalan TA Hamzah, Kecamatan Binjai Kota menuju Kota dialihkan ke Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Binjai Kota, kemudian Jalan T. Imam Bonjol, Kecamatan Binjai Timur, yang akan menuju Jalan S. Hasanuddin, Kecamatan Binjai Kota, dibuat satu arah.

3. Jalan akan dilakukan sistem buka tutup hindari kemacetan

Malam Tahun Baru, Ini Daftar Ruas Jalan yang Dialihkan di BinjaiIlustrasi rekayasa jalan. IDN Times/Humas Bandung

Bila terjadi kemacetan di Bundaran Tugu arus lalulintas dari Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Binjai Kota, akan dialihkan ke Jalan Juanda dan arus lalin dari jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Binjai Utara, menuju tugu akan dialihkan ke Jalan TA Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, menuju Tandem.

Djoko Lelono juga mengatakan rekayasa lalulintas pada malam pergantian tahun dilakukan mulai jam 18.00 sampai dengan pagi hari dan ada juga menempatkan personel di beberapa titik rawan kemacetan.

"Pada malam pergantian tahun, kita juga akan melakukan buka tutup arus lalu lintas di simpang awas, simpang bangkatan, simpang SPBU rambung dan bundaran tugu. Itu kita lakukan tergantung situasi di lapangan," pungkasnya.

Baca Juga: Aturan Perayaan Tahun Baru 2022 di Binjai, Pesta Kembang Api Dilarang

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya