Jalan Rusak Parah di Langkat, Warga Namai Zona Abu

Warga tagih janji Pemkab Langkat

Langkat, IDN Times - Kondisi Jalan T Amir Hamzah, Desa Sendang Rejo, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, kian memprihatinkan. Jalan yang menghubungkan Kota Stabat dan Kota Binjai, setahun belakangan rusak parah.

Warga pun mulai berkeluh kesah dengan kondisi jalan yang berlubang hingga kerap menimbulkan abu.

"Tentu sangat resah, lubang menganga cukup lebar dan dalam. Belum lagi, abu yang dapat mengganggu kesehatan dan rentan kecelakaan," kata Iis, salah satu pengguna jalan, Rabu (10/5/2023).

1. Ada jalan dijuluki Zona Abu saat memasuki wilayah Pemkab Langkat

Jalan Rusak Parah di Langkat, Warga Namai Zona AbuKapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, bersinergi dengan TNI melakukan penimbunan jalan lintas yang rusak parah (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Tentu kondisi ini harus membuat pengguna jalan khususnya sepeda motor ekstra berhati-hati. Kondisi ini juga membuat warga sekitar memberikan batas jalan dan mendirikan plang di tengah jalan yang berlubang ini. Ada plang bertuliskan, "Anda Memasuki Zona Abu".

Tak hanya itu, warga pun sempat menanam pohon pisang di tengah jalan dan menjajarkan sejumlah ban bekas. "Beberapa waktu lalu Plt Bupati Langkat sempat berjanji akan meninjau jalan yang kami keluhkan, tapi nyatanya sampai saat ini tak ada bukti nyata," tambah Dwika, warga Sendang Rejo.

Baca Juga: Pengacara Sebut Ada Kejanggalan di Sidang Pembunuhan Eks DPRD Langkat

2. Berbagai bentuk protes sempat diutarakan warga dan tak digubris pemerintah

Jalan Rusak Parah di Langkat, Warga Namai Zona AbuKapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, bersinergi dengan TNI melakukan penimbunan jalan lintas yang rusak parah (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Kondisi jalan yang rusak ini sudah lama, menurut Dwika, akibat kurangnya perhatian dan tindakan nyata dari pihak yang berkaitan, hingga lubang di tengah jalan semakin dalam dan melebar. Belum lagi kondisi jalan diperparah kerap melintasnya kendaraan bemuatan berat di sana.

"Berbagai bentuk protes telah kami luapkan selaku masyarakat sekitar yang terkena dampak dari rusaknya jalan, namun Pak Bupati tak menggubrisnya. Jelas kami kecewa lantaran lambatnya Pemerintah merespon keluhan masyarakat," papar mereka.

3. Dana terbatas, pemerintah setempat akan kucurkan Rp10 miliar untuk perbaiki jalan

Jalan Rusak Parah di Langkat, Warga Namai Zona AbuIlustrasi jalan rusak (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Di sisi lain Plt Bupati Langkat Syah Afandin saat ditanya persoalan jalan mengatakan, jika perbaikan jalan yang dimaksud sudah disiapkan PAPBD tahun ini.

Pria yang kerap disapa Bang Ondim ini juga mengaku, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat sudah melakukan perbaikan awal dengan anggaran Rp1 miliar.

"Di PAPBD sudah disiapkan. Sekitar Rp10 miliar untuk mengaspal sepanjang 10 kilometer dari Simpang Desa Kwala Begumit hingga Desa Sendang Rejo. Yang jelas, tahun ini kita selesaikan, karena dana kita terbatas," tegas Ondim.

Baca Juga: Otak Pelaku Pembunuhan Eks DPRD Langkat Ancam Bunuh Terdakwa Lain

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya