Comscore Tracker

Ini Empat Titik Rawan Kemacetan di Binjai saat Ramadan

Polisi antisipasi kemacetan di tempat jual makanan berbuka

Binjai, IDN Times - Bulan Ramadan tiba. Biasanya aktivitas akan sedikit meningkat dari biasanya. Terutama menjelang berbuka. Sedikitnya ada empat lokasi penjualan makanan berbuka puasa di Kota Binjai, Sumatera Utara yang berpotensi menimbulkan kemacetan.

Ini terungkap dalam rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Lalu Lintas Polres Binjai.

"Ada empat lokasi prioritas yang telah dipetakan dan lokasi ini akan diletakan personel Satlantas dibantu personel Dishub untuk pengamanan lalu lintas," kata Kasat Lantas Polres Binjai, AKP Djoko Lelono, Jumat (1/4/2022).

1. Berikut titik lokasi yang biasa dijadikan tempat penjualan makanan berbuka

Ini Empat Titik Rawan Kemacetan di Binjai saat RamadanIlustrasi takjil berbuka puasa. ANTARA FOTO/Fauzan

Lokasi-lokasi ini dipetakan pihak Kepolisian dan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, berkaitan dengan kegiatan masyarakat di bulan suci Ramadan. Dengan pemetaan yang dilakukan diharapkan untuk mengurai kemacetan saat masyarakat akan berbuka puasa.

Memang biasanya lokasi ini sangat berpotensi menjadi rawan macet. "Adapun keempat titik lokasi yang telah dipetakan ini adalah, Simpang Pajak Pagi Kebun Lada, Simpang SPBU Kelurahan Rambung Dalam, Simpang Masjid Baiturrahman Kelurahan Berngam dan Simpang Tiga Tanah Seribu," jelas dia.

Baca Juga: Bacaan Lengkap Doa dan Niat Ibadah di Bulan Ramadan

2. Jaga keamanan dan kenyamanan, petugas akan melakukan monitoring dan patroli

Ini Empat Titik Rawan Kemacetan di Binjai saat RamadanPetugas kesehatan dari Urkes Polres PPU saat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada petugas jaga Pos terpadu Ops Lilin Mahakam 2019 (IDN Times/ Hmspolresppu)

Meski demikian, dipaparkan dia, pihaknya akan kembali melihat di lapangan. Apakah ada lokasi baru untuk penjualan makanan berbuka, khususnya yang mengganggu lalu lintas. Sehingga dapat diambil langkah secepatnya dapam mengurai kemacetan.

"Satlantas Polres dengan Dishub Binjai juga melakukan patroli bersama usai masyarakat menunaikan ibadah Salat Jumat. Ini dilakukan dalam rangka melakukan monitoring kegiatan masyarakat dan anak-anak remaja yang melakukan kegiatan Asmara Subuh," beber mantan Kasat Sabhara Polres Langkat ini.

3. Petugas juga akan patroli dan pengamanan lalu lintas di beberapa masjid prioritas

Ini Empat Titik Rawan Kemacetan di Binjai saat RamadanSuasana bagian dalam Masjid Babul Firdaus, atau Masjid Gowa Jongaya di Kelurahan Jongaya, masjid tertua di Kota Makassar. (IDN Times/Abrurrahman)

Diakui dia, nantinya patroli yang akan dilakukan di seputar Lapangan Merdeka Binjai dan sekitar jalan baru yang diduga menjadi tempat untuk balapan liar. Selain itu, patroli dan pengamanan lalu lintas di beberapa masjid prioritas juga akan dilakukan saat masyarakat melaksanakan ibadah Salat Tarawih pada malam hari.

"Satpol PP serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga akan melakukan penataan terhadap pedagang musiman di beberapa titik. Tujuannya, agar tidak menimbulkan kemacetan di sepanjang Jalan Jamin Ginting, Simpang Pajak Pagi Kebun Lada dan Simpang Masjid Baiturrahman Kelurahan Berngam," tegas dia. 

Baca Juga: Segarnya Mandi Limau, Tradisi Sambut Puasa di Tapanuli Tengah

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya