Comscore Tracker

Diduga Korsleting Listrik, Empat Ruko di Langkat Terbakar

Api diduga berasal dari ruko kosong

Langkat, IDN Times - Kebakaran terjadi di Jalan Samanhudi, Kelurahan Pekan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Sabtu (16/10/2021). Dalam peristiwa itu, dikabarkan empat rumah toko (Ruko), hangus dilalap api.

"Sejauh ini, penyebab kebakaran masih diselidikin. Dugaan sementara, sumber api berasal dari ruko kosong milik Cingbeng alias Salim," kata Kanit Reskrim Polsek Kuala Polsek Kuala Ipda Eko Budi Prasetyo.

1. Menggunakan alat seadanya, petugas kepolisian dan warga coba padamkan api

Diduga Korsleting Listrik, Empat Ruko di Langkat TerbakarPetugas pemadam yang coba memadamkan api (IDN Times/ istimewa)

Api yang sangat besar terus berkobar dan merambat ke ruko yang berada disamping. Sehingga ada empat ruko yang dijilati api yang sangat besar itu. Warga yang melihat api dan asap tebal lantas mencoba memberikan pertolongan dan melaporakan ke pihak kepolisian.

"Ada empat rumah toko (ruko), yang dilalap api. Kami dibantu warga mencoba memadamkan api dengan alat seadannya. Kita yang menerima laporan juga mencoba meminta pertolongan kepada pemadam kebakaran," terang dia.

Baca Juga: Diimingi Bantuan COVID-19, Ibu-ibu di Sidimpuan Disuruh Foto Bugil

2. Mobil tangki PDAM coba memberikan bantuan

Diduga Korsleting Listrik, Empat Ruko di Langkat TerbakarApi yang membesar membakar empat ruko di Langkat (IDN Times/ istimewa)

Selain berusaha memadamkan api dengan alat seadaanya, jelas dia, satu unit mobil tangki air milik PDAM langsung diturunkan mencoba memadamkan api. Namun api tidak kunjung padam dan terus membesar.

"Akan tetapi api terus membesar dan menjalar ke rumah lainnya berhubung cuaca sangat panas. Satu mobil Damkar milik Pemkab Langkat juga diturunkan guna memadamkan api. Setelahnya, satu unit pemadam kebakaran milik PT LNK Kebun Bekium juga turun membantu, guna memadamkan api tersebut," papar dia.

3. Sekitar 5 unit mobil pemadam diturunkan guna memadamkan api

Diduga Korsleting Listrik, Empat Ruko di Langkat TerbakarEmpat ruko yang terbakar dan coba dipadamkan (IDN Times/ istimewa)

Selain dua unit mobil pemadam dari Pemkab dan mobil tangki PDAMK, satu unit mobil pemadam kebakaran milik PT.LNK Kebun Bekium, juga turut membantu pemadaman. Namun api belum dapat dipadamkan. Dua unit truk Pemadam Kebakaran (P2K) milik Pemkab Langkat, kembali didatangkan guna melakukan pemadaman.

"Ada sekitar 5 unit pemadam turun ke lokasi guna memadamkan api yang terus membesar. Setelah berjimbaku terus berusaha memadamkan api, akhirnya api bisa dipadamkan," bebernya.

Adapun rumah milik warga yang hangus terbakar, tegas dia, yakni milik Cingbeng alias Salim yang mengalami kerugian materil sebesar Rp350 jutaan, rumah milik Aan mengalami kerugian sekitar Rp200 juta, Aliong Bobo mengalami kerugian Rp300 jutaan, dan Apok Leman Rp200 jutaa. Total kerugian materil akibat terjadinya kebakaran ditaksir sebesar Rp.1,05 miliar. "Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Dan api sudah berhasil dipadamkan," pungkasnya.

Baca Juga: Coba Perkosa Penumpang, Sopir Angkot di Karo Babak Belur Dihajar Massa

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya