Comscore Tracker

Bobol Rumah Tetangganya di Binjai, Nasib Pasrah Dijemput Polisi

Petugas sita 13 telpon genggam dari kediaman pelaku

Binjai, IDN Times - Merasa aksi pembobolan rumah tetangganya pada 8 September 2021 lalu tidak akan terungkap. NK alias Nasib (42), terkejut setelah dijemput Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Binjai Barat dari kediamannya Jalan Letda Umar Baki, Lingkungan IV, Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatera Utara, Selasa (19/10/2021).

Tanpa bisa melakukan perlawanan berarti, tersangka semakin tidak berkutik setelah polisi menemukan barang bukti 13 telepon genggam diduga barang hasil curian dari dalam kediamannya.

1. Pelaku beraksi di rumah milik tetangganya

Bobol Rumah Tetangganya di Binjai, Nasib Pasrah Dijemput PolisiNasib terduga pelaku pencurian rumah tetangganya (IDN Times/ istimewa)

Kasubbag Humas Polres Binjai yang juga (PS) Kapolsek Binjai Barat, AKP Siswanto Ginting via sambungan selular, Rabu (20/10/2021) pagi, membenarkan kasus yang ditangani pihaknya.

Siswanto mengatakan, pengungkapan kasus tersebut dilakukan pihaknya dengan menindaklanjuti kasus dugaan pencurian yang dialami Purwadi (33), warga Jalan Letda Umar Baki, Lingkungan IV, Kelurahan Payaroba, yang merupanan tetangga pelaku.

"Pengungkapan kasus ini merupakan hasil tindaklanjut pengaduan korban, sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/64/IX/2021/SPKT/Binjai Barat, tanggal 13 September 2021," kata dia.

Baca Juga: Diamuk Massa karena Dituding Mencuri, Pria di Binjai Sekarat

2. Pelaku masuk ketika rumah ditinggal kosong

Bobol Rumah Tetangganya di Binjai, Nasib Pasrah Dijemput PolisiIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Siswanto, korban yang merupakan pengelola usaha jasa perbaikan dan reparasi telepon genggam mengaku kehilangan sejumlah barang berharga saat pergi meninggalkan rumah untuk menemai sang istri yang baru saja menjalani proses persalinan di rumah mertuanya.

Seluruh barang berharga yang hilang itu meliputi 13 telepon genggam, sebuah mesin pompa air, sebuah lemari es, kulkas, 2 sanggul televisi, sebuah tabung elpiji 3 kilogram, sebuah mesin pemasak nasi, dan sebuah helm.

"Nilai kerugiannya sendiri ditaksir lebih dari Rp5 juta," terang Siswanto.

3. Kasus terungkap setelah memintai keterangan saksi dan bukti

Bobol Rumah Tetangganya di Binjai, Nasib Pasrah Dijemput PolisiPolisi tengah memintai keterangan saksi-saksi (IDN Times/ istimewa)

Berbekal keterangan para saksi dan hasil penyelidikan pihaknya, diakuinya, kecurigaan terkait siapa pihak yang bertanggungjawab atas aksi pencurian tersebut pada akhirnya mengarah kepada tersangka NK, yang tidak lain tetangga korban.

Segera saja Tim Opsnal Polsek Binjai Barat dipimpin Kanit Reskrim, Ipda HM Firdaus, beranjak menuju rumah tersangka NK.

Begitu berhasil menemui tersangka NK, petugas pun mengamankan pria tersebut dan memboyongnya menuju Mapolsek Binjai Barat, berikut barang bukti 13 telepon genggam diduga hasil curian yang ditemukan dari hasil penggeledahan di rumah itu.

"Dari hasil interogasi kita, tersangka NK mengaku menyelinap masuk ke rumah korban yang saat itu dalam kondisi kosong dengan cara merusak salah satu akses masuk, apakah itu pintu atau jendela," ujar Siswanto.

4. Warga harus berhati-hati saat meninggalkan rumah

Bobol Rumah Tetangganya di Binjai, Nasib Pasrah Dijemput PolisiIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Namun dia menyatakan, sampai saat ini pihaknya masih menelusuri keberadaan barang bukti alat yang digunakan oleh tersangka NK untuk merusak akses masuk ke rumah korban.

"Dalam kasus ini, NK kita persangkakan melanggar Pasal 363 ayat (1) ke-3e dan 5e KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Sanksi pidananya itu hukuman kurungan penjara di atas 5 tahun," tegas Siswanto.

Dalam hal ini dia menghimbah kepada warga, agar lebih berhati-hati lagi saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Karena tidak menutup kemungkinan aksi pencurian dan peristiwa tidak diinginkan dapat terjadi.

Baca Juga: Gunakan Celurit, Pria di Binjai Rampok Tetangganya Demi Bayar Utang

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya