Beredar Kabar Pemurtadan Massal di Langkat, Ini Penjelasan MUI

MUI: Tidak ada satupun warga Langkat yang murtad

Langkat, IDN Times - Isu pemurtadan massal tengah berkembang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Tentu ini membuat kekisruhan di tengah-tengah masyarakat. Menjawab kekisruah yang terus menyebar luas.

Majelis Ulama Islam (MUI) Kabupaten Langkat, angkat bicara dan menyatakan jika itu tidak benar.

"Sejauh ini juga bisa dipastikan tidak ada warga Langkat beragama islam keluar memeluk agama lain," kata Ketua MUI Langkat, H Zulkifli Ahmad Dian Lc MA pada konferensi pers di aula kantor MUI Langkat, Kecamatan Stabat, Selasa (17/5/2022). 

Baca Juga: Jadi Investor Medan Zoo, Raffi Ahmad: Rencananya Ada Wahana Salju

1. Isu pemurtadan secara massal tidak benar adanya

Beredar Kabar Pemurtadan Massal di Langkat, Ini Penjelasan MUIKonprensi pers yang dilakukan MUI terkait kisru pemurtadan massal di Kabupaten Langkat (IDN Times/ istimewa)

Justru sebaliknya, banyak warga Langkat non muslim masuk islam. Hal ini diketahui dari data Majelis Ulama Islam (MUI) Kabupaten Langkat, terhitung dari Januari 2021 hingga Mei 2022.

"Jadi isu adanya permutadan di Langkat secara massal maupun masif itu tidak benar. Benarnya satu pun warga muslim di Langkat tidak ada yang pindah agama atau keluar dari islam. Data ini terhitung dari Januari 2021 sampai saat ini," jelas dia. 

Hal ini ketahui dari hasil investigasi MUI Langkat dan penelusuran data melibatkan pengurus MUI di tingkat 23 Kecamatan Langkat.

Dalam kopres yang juga dihadiri Sekretaris MUI Langkat Drs Ishaq Ibrahim MA, Kakan Kemenag Langkat H Zulfan Efendi SAg MSi, Kadis Kominfo Langkat H Syahmadi S.Sos MAP, dan Kabag Kesra Setdakab Langkat H Syahrizal S.Sos MSi. 

2. Warga yang sempat murtad tercatat sebagai warga Deliserdang

Beredar Kabar Pemurtadan Massal di Langkat, Ini Penjelasan MUIKonprensi pers yang dilakukan MUI terkait kisru pemurtadan massal di Kabupaten Langkat (IDN Times/ istimewa)

 

Terkait adanya salah satu warga bernama Nurhabibah Brutu, yang sebelumnya diberitakan telah murtad adalah warga Kabupaten Deliserdang dan bukan warga Kabupaten Langkat. Kini Nurhabibah telah kembali memeluk islam dan bersama keluarganya. 

"Benar dia (Nurhabibah), sebelumnya murtad, tapi kini telah kembali masuk islam setelah diruqyah (diobati) oleh keluarganya," kata dia.

Dari keterangan keluarganya, Nurhabibah keluar dari islam tanpa disadari dirinya. Hal ini berdasarkan pengakuannya setelah diruqyah. Dari sinjlah awalnya isu berkembang dan menyebar luas dengan adanya isu pemurtadan massal.

3. Berikut cerita awal mula berkembangnya isu pemirtadan massal

Beredar Kabar Pemurtadan Massal di Langkat, Ini Penjelasan MUIKonprensi pers yang dilakukan MUI terkait kisru pemurtadan massal di Kabupaten Langkat (IDN Times/ istimewa)

Cerita berawal usai kuliahnya selesai. Nurhabibah mencoba mencari kerja, lalu datang Jansen Deni Putra Hutajulu, menawarkan sebuah pekerjaan. Mereka saling mengenal melalui whatsapp (WA). Setelah izin kepada keluarga, Jansen membawa Nurhabibah pergi dengan beralasan mencari kerja. Awalnya sempat kembali pulang. Namun berangkat lagi. 

"Dari situ Jansen tidak kunjung memulangkan Nurhabibah. Keluarga Nurhabibah pun khawatir karena tidak ada kabar selama lima bulan lebih. Selain mencari, keluarga Nurhabibah juga sudah membuat laporan kehilangan di Polsek setempat," jelasnya.

Akhirnya upaya pencarian itu membuahkan hasil, Nurhabibah ditemukan keluarganya di Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat serumah dengan Jansen. "Awalnya Jansen tidak mengaku bersama Nurhabibah, namun keluarga langsung menerobos masuk, akhirnya dirumah itu diketahui ada Nurhabibah," papar Zulkifli. 

Saat ditemukan, ungkap dia, Nurhabibah terlihat seperti orang ketakutan dan depresi. Saat itu lah diketahui, Nurhabibah sudah menikah dengan Jansen dan murtad berdasarkan hasil temuan Kartu Keluarga (KK) dan KTP atas nama Nurhabibah. Kasus ini kini juga telah ditangani pihak berwajib.

Baca Juga: Raffi Ahmad Datang, Medan Zoo Diserbu Pengunjung

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya