Comscore Tracker

WOW! Sumut Bakal Punya Stadion Baru Bernilai Rp2 Triliun

Diperkirakan selesai pada tahun 2023

Medan, IDN Times - Keinginan publik Sumatera Utara khususnya Kota Medan punya stadion sepak bola berskala internasional sebentar lagi akan terwujud. Hal tersebut dipastikan oleh pernyataan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Jumat (12/7).

Menurut Edy, stadion itu nantinya akan terlebih dahulu dipakai untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 saat Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah.

1. Stadion berkapasitas 65 ribu penonton

WOW! Sumut Bakal Punya Stadion Baru Bernilai Rp2 Triliuninstagram/noval_syarif

Edy Rahmayadi pun memastikan, stadion baru itu nantinya berkapasitas kurang lebih 65 ribu penonton. Stadion akan dibangun di atas lahan yang nantinya menjadi sport centre seluas 200-300 hektare yang rencananya dibangun di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Sudah saatnya Sumut punya stadion internasional. Nanti juga akan dibangun kolam renang dan sarana olahraga lainnya," kata Edy yang juga Dewan Penasehat PSMS itu saat pertemuan dengan sejumlah insan olahraga di Sumatera Utara mulai dari Pengurus PSMS, Pengurus Anggota Klub PSMS, Panitia Pelaksana PSMS, mantan pemain PSMS, Tim PSMS U-15, perwakilan suporter seperti SMeCK Hooligan, KAMPAK FC, dan Ultras 1950.

Edy pun meminta seluruh insan olahraga termasuk suporter untuk mendukung pembangunan tersebut.

"Nanti suporter wajib datang pas pencanangannya Kalian harus jadi saksi stadion baru ini," sebutnya.

Baca Juga: PSMS Hanya Bawa Satu Penyerang Murni ke Cilacap, Kenapa?

2. Dibangun dengan dana Rp2 triliun

WOW! Sumut Bakal Punya Stadion Baru Bernilai Rp2 TriliunGoogle.com,TRIBUN TIMUR

Edy menjelaskan, stadion baru di Sumut ini nantinya memakan dana hingga Rp2 triliun dengan catatan termasuk sarana lainnya.

"Jadi stadion itu bukan hanya lapangan bola ya, lengkap di situ ada di dalam sport centre," kata Edy.

Adapun pencanangan pembangunan stadion diagendakan dalam waktu dekat. "Tanggal 3 atau berapa itu pencanangannya. Jelasnya 2023 sudah jadi untuk dipakai pada PON 2024," sambungnya.

3. Pengganti Stadion Teladan sejak 1950

WOW! Sumut Bakal Punya Stadion Baru Bernilai Rp2 TriliunIDN Times/Istimewa

Bila benar terwujud, stadion baru itu nantinya akan menjadi pengganti yang pas untuk Stadion Teladan Medan. Stadion ini dibangun untuk persiapan PON III Tahun 1953 di Sumut.

Saat ini, Stadion Teladan masih mantap berdiri dan menjadi home base klub PSMS Medan di Liga 2 Indonesia 2019. Namun, bangunannya terbilang sudah tua dan ketinggalan zaman dari segi fasilitas terutama rumput dan kursi penonton.

Stadion sempat direnovasi beberapa tahun lalu dengan penambahan kapasitas penonton di tribun timur sehingga menjadikan Stadion Teladan berkapasitas sekitar 20 ribu penonton.

Baca Juga: Sekum PSMS Julius Raja Diperiksa Polisi 2 Jam, Ada Apa?

Topic:

  • Arifin Alamudi

Just For You