Sebelum Persija, Ini 4 Klub yang Pernah Dibela Firza Andika

Anak Medan ini pernah membela klub Belgia

Persija Jakarta memperkenalkan rekrutan terbaru mereka, Firza Andika, setelah menyudahi BRI Liga 1 2021-2022. Pemain berusia 22 tahun itu didatangkan untuk memperkuat posisi bek kiri.

Firza diikat dengan kontrak berdurasi tiga tahun di Persija. Ia pun bertekad membawa kembali Persija di jalur kejayaan.

“Saya ingin membawa Persija meraih gelar juara musim ini dan berikan permainan yang terbaik,” kata dia seperti dilansir ANTARA, Minggu (3/4/2022).

Sebelum berlabuh ke Persija Jakarta, ini 4 klub yang pernah dibela Firza Andika.

1. PSMS Medan

Sebelum Persija, Ini 4 Klub yang Pernah Dibela Firza AndikaInstagram.com/firzaandika11

Firza mulai menekuni sepak bola sejak usia 9 tahun dengan masuk Sekolah sepak bola. Saat duduk di kelas 2 SMA ia pun merantau ke Sumatra Barat untuk menuntut ilmu di Akademi Semen Padang dan meneruskan pendidikan di sana. Ia mengikuti seleksi Timnas U-19 dari Akademi Semen Padang. Hingga akhirnya ia lolos.]

Pemain kelahiran Medan, 11 Mei 1999, itu memulai karier sebagai pemain sepak bola dengan bergabung di tim junior Semen Padang pada Januari 2015.

Setelah itu, Firza bermain untuk PSMS Medan pada Januari 2018 dan berakhir Desember 2018. Kala itu PSMS Medan berada di kasta Liga 1 dan ini merupakan klub profesional pertamanya.

2. FC Tubize

Sebelum Persija, Ini 4 Klub yang Pernah Dibela Firza Andikawww.foxsportsasia.com

Setelah namanya berkibar di Timnas dan PSMS Medan Firza dikontrak klub Belgia, FC Tubize, setelah melakukan trial bersama klub divisi 2 Liga Belgia tersebut. Firza mendapat durasi kontrak dua tahun dan akan mulai berjuang dari tim cadangan (reserve) pada 2019.

3. PSM Makassar

Sebelum Persija, Ini 4 Klub yang Pernah Dibela Firza AndikaCEO PSM Makassar Munafri Arifuddin dalam perkenalan pemain anyar yakni Rony Beroperay, Yakob Sayuri dan Firza Andika pada Februari 2020. (Dok. MO PSM Makassar)

Namun situasi di Belgia tidak mulus dan akhirnya ia kembali ke Indonesia. Sepanjang tahun 2019-2020 ia membela PSM Makassar dengan status pinjaman. Dari klub ini, kualitas Firza makin terasah.

4. Persikabo 1973

Sebelum Persija, Ini 4 Klub yang Pernah Dibela Firza AndikaPemain PSM Makassar Willem Pluim (kanan) berebut bola dengan pemain Persikabo 1973 Firza Andika (kiri) saat pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (26/10/2021). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Musim lalu, dia membela Persikabo 1973. Dia tercatat tampil sebanyak 28 pertandingan, menyumbang 1 gol dan tiga assist untuk membantu Persikabo finis di urutan kesepuluh klasemen BRI Liga 1 2021-2022.

Statistik moncer ini membuatnya direkrut oleh Persija Jakarta.

Firza mengaku sudah lama mendamakan bisa bergabung bersama Persija. Bagi dia, ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan.

 “Pertama-tama saya berterima kasih atas kesempatan dan kepercayaannya. Suatu kebanggaan bagi saya bisa membela Persija," kata Firza seperti dikutip dari rilis Persija, Minggu, 3 April 2022.

"Saya pernah bermimpi dari usia 17 tahun, suatu saat nanti saya bisa masuk Persija. Sejak itu saya bertekad untuk kerja keras agar bisa bermain bagus dari musim ke musim,” ucapnya.

“Apalagi di klub ini (Persija) ada beberapa idola saya, seperti Rezaldi Hehanussa dan Marco Motta. Suatu kebanggaan bisa satu klub dengan idola saya,” kata dia melanjutkan.

Firza diikat dengan kontrak berdurasi tiga tahun di Persija. Ia pun bertekad membawa kembali Persija di jalur kejayaan.

Baca Juga: Firza Andika: Kunci Meraih Keberhasilan Adalah Kegigihan Berusaha

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya