Q3 2022, Jumlah Investasi Domestik di Medan Tembus Rp2,3 T

Bobby dan Aulia Tutup Medan Investment Business Forum & Expo

Medan, IDN Times - Meski investasi di Kota Medan sempat anjlok karena badai Pandemi COVID-19, namun tahun ini sudah mulai menunjukkan peningkatan.

Hingga Quarter atau Triwulan Ke-3 tahun ini, investasi dalam negeri kita di Kota Medan sudah mencapai Rp2,3 triliun.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ferri Ichsan pada gala dinner di Ballroom Focal Point Mall, di Jalan Ringroad, Kota Medan, Sabtu (26/11/12) malam.

Gala dinner ini merupakan rangkaian acara penutup dari kegiatan Medan Investment Business Forum & Expo (MIBFE) 2022.

1. Segini jumlah investasi di Medan dari tahun 2019

Q3 2022, Jumlah Investasi Domestik di Medan Tembus Rp2,3 TGala dinner penutupan Medan Investment Business Forum & Expo (MIBFE) 2022 di Focal Point Mall Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Ferri membeberkan, pada tahun 2019 investasi domestik atau dari investor dalam negeri di Kota Medan sudah mencapai Rp 7,1 triliun. Namun mengalami penurunan saat pandemi Covid-19 yakni di tahun 2020 hanya mencapai Rp 4,13 triliun.

Pada tahun 2021 mulai merangkak naik menjadi Rp 5,12 triliun.

"Tahun ini sampai triwulan ketiga investasi dalam negeri kita di Kota Medan sudah mencapai Rp2,3 triliun," ujar Ferri.

Dari jumlah investasi itu, jumlah terbesar masih dari sektor perumahan dan kawasan industri, dilanjutkan sektor jasa lainnya.

"Sedangkan untuk investasi asing hampir sama mengalami penurunan juga. Padahal di 2019 jumlahnya telah mencapai 147,2 juta dolar AS, 2020 kembali mengalami penurunan dan menjadi sekitar 40,3 juta dolar AS, serta 2021 kembali naik menjadi 57,7 juta dolar AS," ucapnya.

Ferri berharap kehadiran Medan Investment Business Forum & Expo bisa membantu meningkatkan ekonomi Medan khususnya investasi di Kota Medan, mengingat di 2023 ada rencana resesi. "

Salah satu yang buat bertahan adalah UMKM. Jadi kita ingin menguatkan UMKM kita dan meningkatkan investasi Medan lewat acara ini," ujarnya.

2. Bukan hanya penerangan, soal sampah juga bisa dikerjasamakan dengan investor

Q3 2022, Jumlah Investasi Domestik di Medan Tembus Rp2,3 TGala dinner penutupan Medan Investment Business Forum & Expo (MIBFE) 2022 di Focal Point Mall Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution dan Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman hadir menutup secara resmi acara Medan Investment Business Forum & Expo ini

Bobby meminta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ferri Ichsan agar menyiapkan menu-menu pembangunan Kota Medan yang bisa dikerjasamakan dengan investor.

"Tadi saya sudah katakan ke Pak Kadis agar disiapkan menu-menu apa saja yang bisa dikerjasamakan dengan swasta. Misalnya saat ini kita sedang melakukan penerangan di Kota Medan. Nah ini bisa ditawarkan kerja samanya," ujar Bobby.

Bukan hanya penerangan, soal sampah kata Bobby juga bisa dikerjasamakan dengan investor.

"Kemudian transportasi juga bisa. Kalau menu-menu ini sudah disiapkan, maka tidak lagi menganggu APBD kita. Kita juga membantu swasta dalam menginvestasikan uangnya di Medan," sebut Bobby.

3. Pemko Medan akan mempermudah investor yang akan berinvestasi di Medan

Q3 2022, Jumlah Investasi Domestik di Medan Tembus Rp2,3 TGala dinner penutupan Medan Investment Business Forum & Expo (MIBFE) 2022 di Focal Point Mall Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Untuk target investasi di 2023 sendiri, Bobby juga belum menetapkan secara pasti. Mengingat tahun 2023 akan ada resesi.

"Kita lihat nanti. Yang pasti melihat jumlah investasi kita yang menurun akibat pandemi Covid-19, kita berusaha untuk menaikannya. Dan harusnya sektor perdagangan masih menjadi penyumbang yang terbesar di 2023 nantinya," ucapnya.

Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman menambahkan bahwa Pemko Medan akan mempermudah investor yang akan berinvestasi di Medan. Hanya saja tetap tidak mengabaikan peraturan yang ada.

"Pada prinsipnya kami akan mempermudah perizinan. Hanya saja peraturan tetap yang utama kita tegakkan. Dan kita akan terus berkoordinasi dengan kejaksaan untuk hal ini," kata Aulia.

Baca Juga: Medan Investment Business Forum, Pertemukan UMKM dan Calon Investor

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya