Comscore Tracker

Perekonomian di Era Digital Meningkat Berkat Keberadaan e-Commerce

Sncaman terhadap keamanan pribadi yaitu phising dan malware

Serdang Bedagai, IDN Times - Dosen Politeknik Negeri Medan, Muhammad Zuardi, menuturkan ekonomi digital atau lebih sering dikatakan dengan e-commerce merupakan salah satu konsep yang cukup berkembang dalam dunia internet.

Penggunaan sistem ini sebenarnya dapat menguntungkan sangatlah banyak pihak, baik pihak konsumen, produsen maupun penjual atau retail.

“Konsep online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep belanja yang konvensional,” ujarnya saat menjadi pembicara pada Webinar Literasi Digital di Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara bertajuk “Menjadi Mahasiswa Cerdas di Era Digital” beberapa waktu lalu.

1. Indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4

Perekonomian di Era Digital Meningkat Berkat Keberadaan e-CommerceKurikulum & Modul Literasi Digital. (IDN Times / Ridho Fauzan)

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital.

"Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual.

Pada webinar yang menyasar target mahasiswa, dihadiri oleh sekitar 804 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya.

Baca Juga: Muzzaki: Egy Maulana Dikontrak 6 Bulan oleh Klub Slovakia FK Senica

2. Beberapa ancaman terhadap keamanan pribadi yaitu phising dan malware

Perekonomian di Era Digital Meningkat Berkat Keberadaan e-Commerceunsplash.com/Dlanor S

Dosen dan Cyber Security Officer IT PHKT, Anwar Fattah menyampaikan proteksi di dunia digital ada banyak sistem operasi. Sistem Operasi adalah bagian penting dalam membangun suatu perangkat operasi yang kita pakai. Dan ada banyak sistem operasi tergantung platform yang kita gunakan.

Dosen dan Akademisi, Irfan Sophan Himawan mengatakan negara produsen teknologi digital nomor satu dunia yaitu Amerika menyatakan bahwa hasil studi bahwa 72 persen orang Amerika sangat percaya bahwa akun mereka itu aman. Beberapa ancaman terhadap keamanan pribadi yaitu phising dan malware. Selain itu, ancaman terhadap data personal dapat berupa cyberstalking.

3. Sosial media ini bisa membangun personal branding

Perekonomian di Era Digital Meningkat Berkat Keberadaan e-Commercenorse-corp.com

Dosen Politeknik Negeri Medan, Muhammad Zuhirsyan menjelaskan etika adalah sebagai ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk, dan tentang hak kewajiban moral atau nilai dan norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.

Etika menurut bahasa Latin yaitu ethos yang berarti kebiasaan, plural dari kata khuluq bahasa Arab berarti budi pekerti.

Cika Audika selaku Key Opinion Leader menyampaikan media sosial menjadi platform utama karena kita bisa mendapat informasi yang banyak disana dan juga bisa membuka bisnis sendiri seperti yang saya lakukan, jadi banyak sisi positif dari sosial media ini. Jadi menggunakan sosial media itu merupakan platform termurah dalam melakukan promosi.

“Anak muda itu waktunya untuk membangun kreasi, membangun sesuatu dalam dunia digital ini, gunakanlah media sosial ini dengan baik karena dengan sosial media ini bisa membangun personal branding kita dengan baik,” jelasnya.

Baca Juga: Ronaldo Pulang ke MU, Martunis: Semoga Bisa Kembalikan Performa United

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya