Comscore Tracker

Pelajar Deli Serdang Belajar Prediksi Bahaya saat Berkendara Motor

Ajak generasi muda ikut menciptakan keselamatan berkendara

Saat berkendara di jalan raya, banyak sekali hal-hal yang dapat terjadi dan berpotensi menimbulkan bahaya hingga kecelakaan yang berakibat fatal. Agar berkendara aman dan nyaman, para pengendara sudah seharusnya membekali diri dengan pengetahuan tentang apa saja potensi bahaya yang dapat ditemui di jalan dan bagaimana cara mengatasinya.

Topik seputar Danger Prediction ini menjadi salah satu pembahasan menarik yang disajikan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Edukasi keselamatan berkendara (safety riding) kali ini digelar di Yayasan SMK Dwi Tunggal yang berlokasi di Jl Medan Desa Bangun Sari Baru,Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang pekan lalu.

Bertemakan “Generasi Muda #Cari_Aman”, edukasi digelar para instruktur safety riding terlatih bersama dealer Honda PT. Pilar Deli Labu Mas II ini berupaya memperkaya wawasan para pelajar dengan bagaimana cara memprediksi bahaya saat sedang naik motor di jalan. Yuk simak bahaya apa saja yang bisa ditemukan saat berkendara sepeda motor:

 

Baca Juga: Mau Keluar Dari Daftar Hitam, Begini Cara Pemutihan BI Checking 

1. Bahaya langsung

Pelajar Deli Serdang Belajar Prediksi Bahaya saat Berkendara MotorTraining Safety Riding di Indako Safety Riding Center (Dok. IDN Times)

Pertama, Bahaya langsung, yang merupakan jenis bahaya yang langsung berhadapan di depan pengendara. Dimana bahaya ini tidak memerlukan prediksi khusus, namun yang perlu dilakukan pengendara hanya menghindari potensi bahaya tersebut.

2. Bahaya tidak langsung

Pelajar Deli Serdang Belajar Prediksi Bahaya saat Berkendara MotorPraktik Safety Riding (Dok. IDN Times)

Kedua, Bahaya tidak langsung atau bahaya yang berada di samping pengendara dan diprediksi sesuai kebiasaan. Untuk jenis bahaya ini pengendara perlu bersiap dan memberikan tanda-tanda.

3. Bahaya tersembunyi

Pelajar Deli Serdang Belajar Prediksi Bahaya saat Berkendara MotorIlustrasi Safety Riding, Honda PCX160(Dok. IDN Times)

Ketiga, bahaya tersembunyi, dimana jenis bahaya ini tidak memberi tanda-tanda dan tidak terlihat, tetapi menjadi bahaya yang paling berpotensi menyebabkan kecelakaan dan berisiko sangat fatal apabila terjadi.

Para instruktur safety riding Honda juga berbagi informasi terkait persiapan sebelum berkendara, cara berkendara harian yang aman, postur berkendara yang baik dan benar, tips #Cari_aman berkendara aman di jalan, dan perlengkapan berkendara yang wajib digunakan selama perjalanan .

Tidak hanya mendapatkan edukasi safety riding, peserta juga dapat mengikuti sejumlah kuis menarik dengan beragam hadiah menarik dari Honda dengan metode quizizz.

Irwan Syahputra S.Pd selaku Kepala Yayasan SMK Dwi Tunggal mengungkapkan, keselamatan menjadi hal paling penting yang harus dijaga saat berkendara di jalan. Namun saat ini banyak sekali para pengendara yang yang kurang peduli dan cenderung lalai dalam menjaga keselamatan, sehingga banyak sekali nyawa melayang dengan sia-sia.

Karena itu, pihaknya sangat berterima kasih atas kepedulian Honda pada keselamatan dan kelangsungan masa depan para pelajar generasi muda di Deli Serdang dengan membekali mereka ilmu keselamatan berkendara.

 

4. Mengajak generasi muda ikut menciptakan keselamatan berkendara di jalan raya

Pelajar Deli Serdang Belajar Prediksi Bahaya saat Berkendara MotorIlustrasi Safety Riding (Dok. IDN Times)

Sofiyan Hazri mengungkapkan sangat mengapresiasi semangat para pelajar Yayasan SMK Dwi Tunggal selama mengikuti edukasi safety riding yang diberikan. Pihaknya berharap, dengan semangat Satu Hati rangkaian aktivitas ini akan menumbuhkan semangat dan motivasi para pelajar Deli Serdang untuk selalu menjadi contoh yang baik saat berkendara di jalan sekaligus menjadi duta/pelopor keselamatan berlalulintas.

Leo Wijaya, Vice Presdir PT Indako Trading Coy mengungkapkan, aktivitas edukasi safety riding merupakan salah satu cara Honda bersinergi bagi negeri untuk mengajak generasi muda ikut menciptakan keselamatan berkendara di jalan raya dan menjadi bagian dari Generasi #Cari_aman” yang menempatkan keselamatan sebagai prioritas dan menjadi bagian dari gaya hidup mereka.

Baca Juga: Masih Berdiri Kokoh, Ini 5 Istana di Sumatera Utara

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya