Operasi Gratis, Agincourt Resource Berhasil Sembuhkan 827 Mata Katarak

Gubernur berharap operasi katarak bisa terus dilakukan PTAR

Medan, IDN Times – PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, menutup bakti sosial operasi katarak gratis "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia. Sebanyak 827 mata buta katarak berhasil dioperasi dan disembuhkan lewat tujuh putaran operasi di Tapanuli Selatan dan Kota Medan, Sumatra Utara, sepanjang September hingga November 2022.

Jumlah mata yang dioperasi melampaui target awal ini merupakan bukti besarnya antusiasme warga lingkar Tambang Emas Martabe hingga warga ibukota Sumatra Utara terhadap upaya konkret PTAR di bidang kesehatan masyarakat.

Acara penutupan diadakan di Rumah Sakit (RS) Khusus Mata Mencirim 77, Medan, pada 24 November 2022, dihadiri Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, Presiden Direktur PT Agincourt Resources Muliady Sutio, Direktur & CFO PT Agincourt Resources Noviandri Hakim, dan Komisaris PT Agincourt Resources Linda Helena Darmalina.

1. Bukti konkret dari komitmen perusahaan dalam mendukung kesehatan masyarakat

Operasi Gratis, Agincourt Resource Berhasil Sembuhkan 827 Mata KatarakPenutupan rangkaian kegiatan operasi katarak gratis di Rumah Sakit (RS) Khusus Mata Mencirim 77, Medan, Kamis (24/11/2022). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT Agincourt Resources Muliady Sutio menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program mulia ini sehingga seluruh putaran operasi katarak gratis berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Menurutnya, rangkaian operasi katarak gratis ini dapat terselenggara karena dukungan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, masyarakat sekitar area Tambang Emas Martabe, dan semua pemangku kepentingan di Tapanuli Selatan dan Sumatra Utara.

"Kami sampaikan apresiasi tertinggi kepada para pasien yang telah mengikuti operasi katarak gratis ini. Sebagian dari mereka adalah pencari nafkah keluarga, penopang hidup anak-anaknya, dan ada pula anak-anak yang masih bersekolah. Selamat kepada para pasien yang telah pulih, kembali produktif dan mandiri menjalani hidup," kata Muliady.

Ia menekankan bahwa rangkaian operasi katarak gratis yang diadakan PTAR setiap tahunnya ini merupakan bukti konkret dari komitmen perusahaan dalam mendukung kesehatan masyarakat, utamanya masyarakat pra-sejahtera.

Dalam kerangka yang lebih luas, penyelenggaraan operasi katarak sejalan dengan poin ketiga Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDG's), yakni menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.

2. Gubernur berharap operasi katarak bisa terus dilakukan PTAR

Operasi Gratis, Agincourt Resource Berhasil Sembuhkan 827 Mata KatarakPenutupan rangkaian kegiatan operasi katarak gratis di Rumah Sakit (RS) Khusus Mata Mencirim 77, Medan, Kamis (24/11/2022). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Operasi katarak gratis "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia" sudah diadakan PTAR sejak 2011. Tahun 2022 menjadi tahun kedelapan PTAR menggelar rangkaian operasi katarak gratis, tepatnya di RS Bhayangkara, Batangtoru, Tapanuli Selatan dengan jumlah mata yang dioperasi mencapai 525 mata serta di RS Mencirim 77 Medan dengan jumlah mata dioperasi sebanyak 302 mata.  

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih kepada Agincourt Resources yang telah menyelenggarakan rangkaian operasi katarak gratis di Sumatra Utara. Ia turut menyaksikan operasi katarak dan menyapa sejumlah warga penerima manfaat setelah ikut memberikan obat tetes mata kepada penerima manfaat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, dirasakan manfaatnya oleh lebih dari 800 warga Sumatra Utara. Saya berharap operasi katarak gratis ini terus diadakan oleh Agincourt Resources, serta muncul Agincourt-agincourt lainnya yang menggelar kegiatan seperti ini,” ujar Edy.

3. Ingin menekan prevalensi buta akibat katarak yang cukup tinggi di Sumatra Utara

Operasi Gratis, Agincourt Resource Berhasil Sembuhkan 827 Mata KatarakPenutupan rangkaian kegiatan operasi katarak gratis di Rumah Sakit (RS) Khusus Mata Mencirim 77, Medan, Kamis (24/11/2022). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono, menegaskan bahwa operasi katarak yang diadakan PTAR kepada warga pra-sejahtera penting dilakukan untuk menekan prevalensi buta akibat katarak yang cukup tinggi di Sumatra Utara.

Mengacu pada hasil Survei Kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RABB) tahun 2014-2016 saja, prevalensi kebutaan akibat katarak di Indonesia mencapai 1,9%, dengan sekitar 90% gangguan penglihatan terdapat di wilayah penduduk berpenghasilan rendah. Di Sumatra Utara saja, nyaris 80% kebutaan pada penduduk usia 50 tahun ke atas disebabkan katarak yang tidak dioperasi, yang menurut data Kementerian Kesehatan, sebagian warga Sumatra Utara tidak menyembuhkan katarak yang dideritanya karena alasan biaya.

"Kepedulian PTAR terbukti membawa perubahan langsung bagi kehidupan masyarakat yang hasilnya dapat dirasakan seumur hidup. Sejak 2011 hingga saat ini, operasi katarak yang digelar PTAR telah menyembuhkan 8.945 mata katarak. Khusus tahun ini saja, sebanyak 827 mata dioperasi, sekitar 75% di antaranya berasal dari Tapanuli Selatan,” ucap Katarina.   

Penerima manfaat yang menjalani operasi katarak pada tahun 2022 berasal dari berbagai kabupaten/kota, seperti Padangsidimpuan, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, Kota Medan, Deli Serdang, dan Langkat.

Sebanyak 20 pasien yang berdomisili di Tapanuli Selatan dengan kondisi khusus dibawa ke RS Mencirim 77 Medan untuk dioperasi.

“Pasien yang didatangkan ke Medan dengan disertai pendamping masing-masing tidak mengeluarkan dana sepeser pun, karena seluruh biaya transportasi dan akomodasi kami tanggung. Pasien yang didatangkan ke Medan ini salah satunya seorang anak berusia 14 bulan yang menderita katarak sejak lahir. Visi kami jelas, yaitu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh penerima manfaat,” pungkas Katarina.

4. Epa senang bayinya bisa mendapatkan operasi gratis

Operasi Gratis, Agincourt Resource Berhasil Sembuhkan 827 Mata KatarakMutiara bayi satu tahun usai menjalani operasi katarak (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Seorang penerima manfaat berusia 14 bulan, Mutiara Nur Olivia, menjadi pasien termuda di rangkaian operasi katarak gratis 2022. Ibunda Mutiara, Epaliani, mengaku sangat bersyukur atas operasi katarak gratis yang diterima anaknya.

Dari rumahnya di Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan, ia bersama suami mengantar anaknya yang menderita katarak pada kedua matanya itu untuk menjalani operasi katarak di RS Mencirim 77 Medan. 

“Saya dan suami sangat berharap agar Mutiara bisa melihat seperti teman-temannya yang lain. Benar-benar kami sangat terbantu dengan adanya operasi katarak gratis ini,” ujar Epaliani.

Epaliani dan suaminya, Pangihutan, awalnya sudah mengumpulkan uang untuk membawa Mutiara dioperasi. Uang tersebut berasal dari penghasilan Pangihutan sebagai buruh di perkebunan sawit.

Dengan mengikuti operasi katarak gratis PTAR, dana yang sudah terkumpul itu akan dialihkan untuk membiayai pendidikan Mutiara kelak. 

5. Alfandi katarak sejak usia 4 tahun

Operasi Gratis, Agincourt Resource Berhasil Sembuhkan 827 Mata KatarakAlfandi Wijaya yang berusia 11 tahun baru selesai menjalani operasi katarak (Dok. IDN Times)

Selain Mutiara, Alfandi Wijaya yang berusia 11 tahun, warga Langkat, juga menjadi penerima manfaat operasi katarak gratis yang digelar PTAR. Alfandi diketahui menderita katarak saat usianya 4 bulan. Ia kerap menerima cibiran dari teman-temannya karena satu matanya katarak, apalagi ia tunarungu dan sulit berbicara.

“Saya ingin sekali Alfandi bisa melihat jelas, sehingga bisa belajar dan bermain sepakbola seperti anak-anak lainnya. Tetapi saya tidak punya biaya untuk operasi. Untunglah saya dengar Tambang Emas Martabe mengadakan operasi katarak gratis, jadi saya daftarkan Alfandi,” ucap ibunda Alfandi, Rohana.

Bertahun-tahun sudah Rohana menanti mata Alfandi normal melihat, tetapi ia tak berdaya karena terbatasnya biaya. Bebannya kian berat setelah suaminya meninggal dunia setahun lalu sehingga harus bekerja membuka toko kelontong demi menghidupi Alfandi dan tiga anak lainnya.

Baca Juga: Ikut Operasi Katarak Gratis, Eva Berharap Bayinya Bisa Melihat Dunia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya