Mengenal Janis Pemborong 6 Medali SEA Games, Bersuami Orang Batak

Janis Rosalita juga raih 3 emas di PON Jabar dan Papua

Warga Indonesia sedang bereforia dengan kemenangan Timnas Sepakbola Indonesia menang atas Thailand 5-2 dan berhasil meraih medali emas pada SEA Games 2023.

Para pemain Timnas Sepakbola Indonesia dan atlet-atlet lainnya disambut dan diarak keliling Jakarta dua hari lalu. Namun Timnas Sepakbola dalam porsi khusus, mereka di arah di mobil bus dengan atap terbuka. Sedangkan atlet lainnya di bus dengan atap tertutup.

Wajar Indonesia breforia dengan medali emas yang diraih Timnas Sepakbola Indonesia. Pasalnya sudah 32 tahun tim sepakbola gagal membawa medali emas ke Indonesia.

Kemenangan Timnas Sepakbola Indonesia membawa 1 medali emas. Namun yang dilupakan, bahwa ada seorang atlet Indonesia yang berhasil membawa pulang berhasil membawa lebih dari satu medali.

Yang paling fenomenal adalah Janis Rosalita Suprianto. Ia memborong 6 medali sekaligus dari SEA Games 2023. Ia meraih tiga medali emas dan tiga perak untuk Indonesia.

Berikut profil Janis Rosalita Suprianto.

Baca Juga: Profil Dara Latifah, Atlet Sepeda Sumut yang Raih 2 Emas SEA Games

1. Alumni Ilmu Budaya Unair

Mengenal Janis Pemborong 6 Medali SEA Games, Bersuami Orang BatakJanis Rosalita (Instagram @janisrosalita)

Perempuan yang akrab disapa Janis ini merupakan atlet fin swimming atau renang menggunakan sirip asal Jatim. Ia merupakan alumni Fakultas Ilmu Budaya Unair, Surabaya, Jawa Timur. 

Ia berhasil meraih medali emas dari nomor 100 meter renang permukaan putri dengan catatan waktu 40,39 detik. Dua medali lain didapatkan dari nomor 200 meter dan 50 meter dalam cabang olahraga yang sama.

Sedangkan tiga medali perak diraih di kategori Relay 4 x 50 SF Mix, Estafet 4x200 SF Women dan Estafet 4x100 SF Women.

"Puji Tuhan Yesus Kristus bersyukur luar biasa atas kemenangan yang tak terlupakan dengan 3 medali emas, 3 perak, dan rekor permainan baru. Kata-kata tidak dapat mengungkapkan rasa terima kasih saya yang sebesar-besarnya atas dukungan dan dorongan yang luar biasa selama persiapan hingga SEA Games Kamboja 2023 selesai," tulis Janis di akun instagramnya.

"Saya merasa rendah hati dengan cinta dan kepositifan yang mengelilingi saya, baik di dalam maupun di luar podium, terutama kepada Benedict Sakti dan keluarga saya, karena keyakinan mereka yang tak tergoyahkan pada kemampuan saya mendorong tekad saya dan mendorong saya melampaui batas. Terima kasih telah menjadi pilar kekuatanku sepanjang perjalanan ini," tambahnya.

2. Raih 3 medali emas di PON Jabar 2016 dan 3 medali emas di PON Papua 2021

Mengenal Janis Pemborong 6 Medali SEA Games, Bersuami Orang BatakJanis Rosalita (Instagram @janisrosalita)

Janis Rosalita Suprianto diketahui tinggal di Surabaya, Jawa Timur. Ia berasal dari keluarga akademikus kendati dirinya memilih jalan sebagai seorang atlet.

Dalam sebuah foto yang dia unggah pada Maret 2015, Janis berfoto bersama sang ayah, yakni Prof. Bambang Suprianto yang merupakan dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. 

Di dunia olahraga, Janis juga bukan nama yang asing. Sebelum berlaga di kancah internasional dirinya menjuarai beragam kompetisi di dalam dan luar negeri.

Dalam kancah nasional, Janis pernah menyabet 3 medali emas di PON Jabar 2016 serta 3 medali emas di PON Papua 2021.

3. Janis menikah dengan pria berdarah batak

Mengenal Janis Pemborong 6 Medali SEA Games, Bersuami Orang BatakJanis Rosalita dan suaminya Benedict Sakti Simanjutak (Instagram @janisrosalita)

Di luar kehidupannya sebagai atlet, gadis 27 tahun ini hidup berbahagia bersama sang suami Benedict Sakti Haposan Simanjuntak. Hmm, dari namanya saja sudah ketahuan bahwa Benedict adalah cowok berdarah batak.

Benedict dan Janis dulu sama-sama kuliah di Unair. Kedua kerap naik gunung, menyelam, dan melakukan aktivitas luar ruangan lain bersama. Tak heran saat prewed, mereka menggunakan konsep free diving.

Keduanya resmi menikah pada 8 September 2022 lalu.

"Berawal dari babi guling candra & beach bar di Legian. Test drive nyelami laut, lewat hutan, nanjak gunung, ups and down, high and low, sad and joy. Berujung di altar & pelaminan. To adventurous journey ahead! Vamos," tulis Janis di unggahannya.

Setelah menikah keduanya menginjakkan kaki di puncak Gunung Rinjani, NTB. Semua momen spesial itu Janis bagikan di akun Instagramnya, @janisrosalita.

Berikut Profil Singkat Janis Rosalita:

Nama lengkap: Janis Rosalita Suprianto
Nama panggilan: Janis
Tanggal lahir: 14 Januari 1996
Usia: 27 tahun
Tempat tinggal: Surabaya
Orang tua: Prof Bambang Suprianto
Suami: Benedict Sakti Haposan Simanjuntak
Instagram: janisrosalita
Profesi: Atlet renang sirip

Baca Juga: Keren! Atlet Sumut Kontribusi 7 Medali Emas di SEA Games 2023

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya