Mari Elka Pangestu Buka Teladan Leadership Forum di Jakarta

Bekali Tanoto Scholars dengan Kompetensi Unggul

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Perdagangan Republik Indonesia periode 2004-2011 Mari Elka Pangestu membuka sekaligus memberikan arahan dalam Teladan Leadership Forum, Rabu (3/7) di Jakarta.

Kegiatan ini adalah sebuah ajang diskusi yang melibatkan pemimpin-pemimpin perusahaan terkemuka di Indonesia untuk membahas kompetensi dan kapasitas yang harus dimiliki peserta program Teladan Tanoto Foundation, atau Tanoto Scholars, menghadapi tantangan dunia kerja masa depan.

Dalam diskusi yang bertema ‘Future Skills for Future Leaders’ ini dihadiri 40 perusahaan, baik berskala nasional maupun global. 

1. Harus punya bekal dan keterampilan dalam menghadapi industri 4.0

Mari Elka Pangestu Buka Teladan Leadership Forum di Jakartainstagram.com/maripangestu

“Indonesia akan memiliki bonus demografi sebagai modal besar untuk menjadi negara maju pada 2030. Syaratnya, mulai dari sekarang kita harus mengembangkan sumber daya manusia untuk bisa bersaing di tingkat global, terutama mengembangkan talenta-talenta yang siap menghadapi era Industri 4.0. Salah satu solusinya adalah mendidik SDM yang siap pakai, yang diperlukan, dan relevan dengan kebutuhan industri di masa depan,” kata Mari Elka Pangestu.

World Economic Forum pada 2018 memprediksi bahwa pada empat tahun ke depan, 75 juta pekerjaan akan berubah. Dan, 133 juta pekerjaan baru akan muncul sebagai hasil dari perkembangan teknologi.

Karenanya, penting untuk menyiapkan SDM untuk punya bekal dan keterampilan dalam menghadapi industri 4.0. Di sisi lain, Indonesia butuh para pemimpin masa depan dengan karakter-kerakter unggul yang harus dikembangkan sejak di bangku kuliah.

"Untuk itu dibutuhkan keseimbangan antara keterampilan dalam menghadapi dunia kerja dan karakteristik seorang pemimpin," ujarnya.

Baca Juga: Tanoto dan FI Ajak Para Pegiat Tingkatkan Kualitas Pendidikan

2. Tanoto Scholars mendapat berbagai pelatihan berjenjang

Mari Elka Pangestu Buka Teladan Leadership Forum di JakartaDok. IDN Times/IStimewa

Tanoto Foundation sebagai lembaga filantropi independen yang fokus pada pendidikan mendukung generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan melalui program Teladan.

Melalui program ini, Tanoto Scholars mendapat berbagai pelatihan berjenjang, mulai dari tahun pertama hingga lulus, bahkan hingga ke dunia kerja melalui pelatihan pengembangan karier.

“Program TELADAN adalah bentuk komitmen Tanoto Foundation untuk mendukung pengembangan pemimpin yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Melalui program ini, kami memberikan pelatihan terstruktur kepada Tanoto Scholars agar bisa mengembangkan nilai-nilai keteladanan yang mutlak harus dimiliki sebagai seorang pemimpin, di antaranya; integritas, peduli sesama, inovatif, ketekunan dan daya juang, jiwa pemberdaya dan berwawasan internasional, motivasi kuat, serta sikap wirausaha,” kata Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation.

3. Telah mendukung lebih dari 7.500 mahasiswa

Mari Elka Pangestu Buka Teladan Leadership Forum di JakartaDok. IDN Times/IStimewa

Program kepemimpinan Tanoto Foundation telah dimulai sejak 2006 dan disempurnakan dengan program Teladan pada 2018.

Hingga saat ini, program tersebut telah mendukung lebih dari 7.500 mahasiswa yang bermitra dengan sembilan perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Baca Juga: Tanoto Foundation Kembangkan 31 Perpustakaan di Tiga Provinsi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya