ASA Viral, Dekan FISIP USU: Semangatnya untuk Mengikuti Tren Digital

ASA viral setelah mahasiswi bikin testimoni di TikTok

Medan, IDN Times - Aplikasi Satu Atap (ASA) yang kini menjadi andalan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) dalam menjalankan administrasi kampus masih terus menuai tanggapan positif.

Hal ini diawali postingan beberapa mahasiswa FISIP yang pada akun media sosial mereka tentang kemudahan yang mereka dapatkan dengan menggunakan aplikasi tersebut terutama saat USU sedang melakukan lockdown karena imbas pandemik COVID-19 saat ini.

Dekan FISIP USU Dr Muryanto Amin mengatakan semangat awalnya membuat aplikasi ini adalah untuk memudahkan birokrasi terkait pengurusan berkas-berkas administrasi antara mahasiswa dengan fakultas.

“Ide ini sudah lama mulai 2015 lalu saat saya pertama jadi dekan, tapi baru dapat kita realisasikan mulai 2019,” katanya, Sabtu (15/8/2020).

1. Terinspirasi dari satu kampus terkemuka di Indonesia yang menerapkan layanan yang sama

ASA Viral, Dekan FISIP USU: Semangatnya untuk Mengikuti Tren DigitalUniversitas Sumatera Utara (Dok Humas USU)

Akademisi muda yang akrab disapa Muri ini menjelaskan ia semakin yakin untuk menerapkan penggunaan aplikasi ASA di FISIP USU semakin kuat setelah adanya pertemuan dekan se-Indonesia di pulau Jawa beberapa waktu lalu. Saat itu, ia melihat salah satu kampus terkemuka di Indonesia yang menerapkan layanan yang sama.

“Saya lihat itu sangat sejalan dengan apa yang lama saya ingin lakukan disini. Langsung kita cerita dengan mereka dan kita buat disini,” sebutnya.

Baca Juga: Banyak Pegawai Terpapar COVID-19, Kampus USU Lakukan Lockdown Ketiga

2. Jajaran civitas akademika FISIP USU semakin merasakan manfaat ASA di masa pandemik

ASA Viral, Dekan FISIP USU: Semangatnya untuk Mengikuti Tren DigitalDekan FISIP USU Dr Muryanto Amin (IDN Times/Prayugo Utomo)

Diakui Muri, penerapan aplikasi ini banyak tantangan terutama karena perkembangan teknologi tidak langsung dapat diserap oleh seluruh kalangan dan lintas generasi yang ada di FISIP USU. Meski kalangan mahasiswa sangat menyambut baik mengingat semakin mudahnya dalam mengurus administrasi, namun hal ini tidak mudah dipahami oleh seluruh pegawai.

“Makanya pelan-pelan kita pahamkan mereka dan kini sudah berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Muri menambahkan, jajaran civitas akademika FISIP USU semakin merasakan manfaat dari aplikasi tersebut setelah pandemik covid-19 yang terjadi. Adanya tuntutan untuk tidak bertemu fisik antara mahasiswa dengan dosen maupun dengan pegawai administrasi di kampus, membuat ASA menjadi aplikasi yang tepat.

3. ASA viral setelah seorang mahasiswi bikin testimoni di TikTok

ASA Viral, Dekan FISIP USU: Semangatnya untuk Mengikuti Tren DigitalTestimoni mahasiswa soal aplikasi ASA FISIP USU jadi viral (Instagram/@medantalk)

Testimoni seorang mahasiswi membuat Aplikasi Satu Atap (ASA) milik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi pembicaraan netizen.

Pada instagram @medantalk, mahasiswi bernama Farah Aliza Firda ini menyampaikan testimoni tentang berbagai kemudahan dalam layanan administrasi di FISIP USU yang dialihkan menjadi online seiring kebijakan lockdown akibat pandemik COVID-19.

"Saya selaku generasi millennial ingin memberitahu teman-teman tentang aplikasi ini. Agar mereka tau ini aplikasi yang sangat memudahkan bagi mahasiswa," katanya, Jumat (7/8/2020).

Awalnya Farah membuat postingan testimoni tersebut di akun TikToknya lalu di-repost diakun instagram @medantalk.

Pada postingannya itu, Farah menyampaikan berbagai administrasi surat-menyurat yang dapat diselesaikan dengan menggunakan aplikasi tersebut. Di antaranya mengurus kehilangan Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi (KHS) dan berbagai surat menyurat lainnya.

"Saat USU melakukan lockdown seperti saat ini maka aplikasi ini menurut saya menjadi alternatif terbaik untuk urusan administrasi," ungkapnya.

Baca Juga: Mahasiswi Bikin Testimoni di TikTok, Aplikasi ASA FISIP USU Jadi Viral

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya