TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bupati Labura Didakwa Suap Anggota DPR dan Mantan Pejabat Kemenkeu 

Diadili karena memberi suap

Ilustrasi Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Medan, IDN Times - Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) nonaktif, Kharuddin Syah alias Buyung, diadili karena memberi suap. Perkara yang merupakan hasil pengembangan kasus OTT dari Yaya Purnomo, tersebut digelar secara virtual di Ruang Cakra II Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Medan, Senin (1/2/2021).

Ia beri suap terhadap Irgan Chairul Mahfiz selaku anggota DPR RI komisi IX dan pejabat di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Yaya Purnomo, terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) P-APBN Pemkab Labura Tahun Anggaran 2017-2018.

Baca Juga: KPK Sita Lagi Satu Mobil Terkait Korupsi Bupati Labura Kharuddin Syah

1. Terdakwa bersama dengan Agusman Sinaga memberikan sejumlah uang secara bertahap ke Irgan Chairul Mahfiz dan Puji Suhartono

Ilustrasi Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK Budhi S dan Hendra Eka Saputra mengatakan terdakwa bersama dengan Agusman Sinaga selaku Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappeda) Pemkab Labura memberikan sejumlah uang secara bertahap ke Irgan Chairul Mahfiz dan Puji Suhartono sejumlah Rp200 juta.

2. Selain itu, terdakwa juga memberikan uang kepada Yaya Purnomo

Ilustrasi Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain itu, terdakwa memberikan uang kepada Yaya Purnomo selaku Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman pada Kemenkeu sebesar SGD242.000 dan Rp400 juta.

"Uang tersebut direncanakan untuk pengurusan perolehan Dana Alokasi Khusus Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan Tahun Anggaran 2017 (DAK APBN-P TA 2017) Pemkab Labura dan Dana Alokasi Khusus Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran2018 (DAK APBN TA 2018) Bidang Kesehatan untuk Pembangunan Lanjutan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aek Kanopan Kabupaten Labura," kata jaksa.

Baca Juga: Bukti Lengkap, Bupati Labura Nonaktif Kharuddin Syah Segera Disidang

Berita Terkini Lainnya