Catat Tanggalnya, Ini Event Pariwisata Akbar di Sumut Tahun 2019

Targetkan 20 juta wisatawan mancanegara

Jakarta, IDN Times - Kementerian pariwisata RI mengumumkan atraksi wisata terbaik di Indonesia melalui laman resminya di pesona.travel. Semuanya terangkum dalam sebuah kalender event yang tersebar di seluruh Indonesia, 100 Calendar of Events (CoE) 2019.

Tiga di antaranya akan digelar di Sumatera Utara.

“Ini merupakan rangkuman event terbaik yang dimiliki Indonesia, karena telah menjalani kurasi yang ketat dengan standar internasional,” kata Arief dalam keterangan tertulisnya yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Catat Tanggalnya, Ini Daftar 100 Calender of Events 2019 di Indonesia!

1. Kemenpar RI targetkan 20 juta wisatawan mancanegara

Catat Tanggalnya, Ini Event Pariwisata Akbar di Sumut Tahun 2019IDN Times/Reza Iqbal

Tahun ini, Kemenpar RI mengusung tema The Winner: Wonderful Indonesia Energy. Tema ini sengaja diangkat sebagai landasan spirit dan strategi untuk menjadi pemenang. Harapannya bisa meraih hasil yang luar biasa, yakni 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) selama 2019.

Untuk mengikuti tren berwisata kaum milenial yang serba digital, Kemenpar RI merilis CoE 2019. Menurut Menteri Arief, keberadaannya terbukti efektif untuk mempromosikan suatu destinasi atau event sehingga viral dan dikunjungi banyak orang.

Penyusunan CoE 2019 melibatkan enam orang yang berkompeten di bidangnya. Beberapa di antaranya adalah Staf Khusus (Stafsus) Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi, Taufik Rahzen, yang memberikan penilaian tentang media value event; Stafsus Menpar Bidang Komunikasi, Don Kardono; Taufik Rahzen yang menilai cultural value; Denny Malik; Dynand Fariz; Jacky Mussry yang menilai commercial value; dan Eko “PeCe” Supriyanto yang merupakan koreografer opening ceremony Asian Games 2018.

2. Event yang dipilih harus memiliki nilai bermakna

Catat Tanggalnya, Ini Event Pariwisata Akbar di Sumut Tahun 2019IDN Times/Reza Iqbal

Menurut Ketua Pelaksana CoE 2019, Esthy Reko Astuti, event yang dipilih harus memiliki creative value, commercial value, communication value, serta CEO Commitment. Acaranya juga harus berpengaruh langsung kepada sosial ekonomi masyarakat dan meningkatkan media value terhadap image daerah. 

"Event yang dipilih sudah diselenggaralan secara kontinyu (3-4 tahun berturut-turut) dan memiliki sebaran daerah (proporsional). Yang pasti tepat waktu, tidak ada perubahan tanggal pelaksanaan," tutur Reko.

Event tahun ini akan terselenggara secara menyeluruh di kawasan Indonesia, mulai dari pantai hingga gunung. Tak hanya menampilkan keindahan alam Indonesia tetapi juga keragaman budaya.

Baca Juga: 9 Wisata Menawan di Pulau Samosir, Wajib Kamu Kunjungi di Tahun 2019

3. Jangan sampai ketinggalan, catat tanggalnya!

Catat Tanggalnya, Ini Event Pariwisata Akbar di Sumut Tahun 2019lampungpost.co

Total ada 109 event pariwisata yang digelar Kemepar di seluruh Indonesi tahun ini. Nah, khusus untuk Sumut akan kebagian tiga event. Berikut tanggalnya.

  1. Horas Samosir Fiesta - Sumatera Utara, 7 Maret 2019 
  2. Festival Ya’ahowu - Sumatera Utara, 16-20 November 2019
  3. Festival Danau Toba - Sumatera Utara, 9-12 Desember 2019

So, jangan kelewatan ya

Baca Juga: Ini Nih 9 Wisata Menawan Dekat Danau Toba yang Wajib Kamu Kunjungi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya