Comscore Tracker

Gak Cuma Indonesia, Ternyata Korea Juga Punya Warteg Lho

Sama-sama jadi penyelamat anak kuliahan dan rantau

Warteg alias warung Tegal kayaknya sudah jadi istilah general buat warung makan sederhana pinggir jalan, walaupun letaknya bukan di Kota Tegal, Jawa Tengah. Meski ini istilah yang terbentuk di Indonesia, tapi ternyata ada rumah makan dengan konsep serupa di Korea Selatan.

Warteg ala Negeri Ginseng ini dikenalkan oleh salah satu YouTuber bernama Han Jongdae, warga setempat yang lama tinggal di Bandung, Jawa Barat. Dalam akun YouTube miliknya bernama "Bandung Oppa", Jongdae memperlihatkan rumah makan yang ia sebut sangat mirip dengan warteg khas Indonesia.

1. Berkonsep all you can eat

Gak Cuma Indonesia, Ternyata Korea Juga Punya Warteg LhoYouTube.com/Bandung Oppa

Serupa tapi tak sama, "warteg" bernama Rumah Makan Hanlim (한림 맛집) ini punya konsep all you can eat. Berbeda sama warteg yang harga makanannya tergantung lauk apa saja yang kita pesan.

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, 10 Artis Indonesia Ini Ternyata Asli Korea

2. Harganya murah banget

Gak Cuma Indonesia, Ternyata Korea Juga Punya Warteg LhoYouTube.com/Bandung Oppa

Dengan harga 6.000 won atau sekitar Rp70 ribu per orang, kamu sudah bisa makan sepuasnya di sana. Mungkin kelihatannya mahal, masa iya makan di warteg aja habisnya puluhan ribu satu orang. Tapi kalau di Korea harga makanan segitu sudah murah banget, bisa makan sepuasnya lagi!

Dalam video tersebut, Jongdae dan temannya sempat bercanda dengan pemilik rumah makan. "Bu, boleh kami makan sampai empat porsi?" dengan ramah si ibu menjawab "Ayo makan lima porsi aja, di sini kan all you can eat. Terserah." Wah ada-ada saja!

3. Pilihan lauknya bervariasi

Gak Cuma Indonesia, Ternyata Korea Juga Punya Warteg LhoYouTube.com/Bandung Oppa

Selayaknya warung Tegal di sini yang lauknya banyak sampai bikin bingung, rumah makan tersebut juga menyediakan makanan lengkap. Mulai dari side dish atau banchan, nasi putih dan nasi hitam, beragam lauk, sampai sayur-sayuran. Kalau ditotal, semuanya mencapai 25 macam!

Dan yang bikin dia betah makan di sana adalah karena jenis masakannya home cooking. Begitu makan jadi ingat sama makanan buatan ibu. Kamu yang anak rantau suka gitu juga gak sih kalau makan masakan rumah di warteg?

4. Tempatnya rapi mirip rumah makan atau depot di Indonesia

Gak Cuma Indonesia, Ternyata Korea Juga Punya Warteg LhoYouTube.com/Bandung Oppa

Kalau bangunan warung makan di Indonesia biasanya panas dan sederhana, di Korea penampilannya jauh lebih kece. Dibanding warung, ini lebih mirip sama depot atau kafe di Indonesia.

5. Jumlahnya gak banyak

Gak Cuma Indonesia, Ternyata Korea Juga Punya Warteg LhoYouTube.com/Bandung Oppa

Jongdae menyebutkan Rumah Makan Hanlim terletak di daerah kampus, karena segmennya memang mahasiswa, anak indekos, atau pekerja biasa. Sayang, dia bilang jarang banget ada rumah makan seperti ini di Korea, makanya gak terlalu terkenal di kalangan turis.

6. Betah ngobrol karena pemilknya ramah

https://www.youtube.com/embed/GhFG6EtYDwQ

Salah satu kearifan lokal yang ada di Indonesia adalah kedekatan antara penjual dan pelanggan. Gak jarang mereka yang suka makan dan langganan di sebuah warteg jadi dekat dengan si pemilik, sampai terasa seperti ibu atau emak sendiri. Hehehe.

Ternyata perasaan itu juga yang Jongdae rasakan ketika makan di warteg lho, entah itu di Indonesia atau di Korea.

Nah, kalau kamu sedang liburan ke Korea atau ada rencana  ke sana, jangan lupa mampir makan di wartegnya ya. Lumayan, hemat beb! Enak pula!

Baca Juga: Halu Tingkat Tinggi, 10 Editan Foto Sok Akrab dengan Artis Korea 

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya