Comscore Tracker

Sedang Memanen Cabai, Seorang Petani di Aceh Diterkam Harimau

Korban sempat memanjat pohon

Aceh Selatan, IDN Times - Satu individu Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) menggigit kaki seorang warga. Konflik antara satwa dan manusia ini terjadi di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, pada Sabtu (21/5/2022).

“Kejadian ini terjadi pada pukul 11.00 WIB,” kata Kepala Seksi Wilayah II Subulussalam Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Hadi Sofyan, pada Minggu (22/5/2022).

Baca Juga: Tiga Harimau Ditemukan Tewas Terjerat di Aceh Timur

1. Diserang harimau ketika sedang memanen cabai

Sedang Memanen Cabai, Seorang Petani di Aceh Diterkam HarimauHarimau Sumatera bernama RIA menjalani masa rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR-HSD). Dok. IDN Times

Hadi mengatakan, adapun korban yakni bernama Muhajir, warga Gampong Seuleukat, Kec Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan. Korban diserang ketika sedang di kebun cabai miliknya.

“Saat beliau tengah memanen cabai di kebun miliknya, harimau tiba-tiba muncul dari semak belukar yang ada,” ujar Hadi.

2. Sempat memanjat pohon, namun harimau menggigit kaki korban

Sedang Memanen Cabai, Seorang Petani di Aceh Diterkam HarimauNadia, harimau betina Melayu berumur 4 tahun di Kebun Binatang Bronx, yang menurut pihak kebun binatang teruji positif terinfeksi virus corona (COVID-19) muncul pada foto tanpa tanggal yang disediakan Kebun Binatang Bronx di New York. (ANTARA FOTO/WCS/Handout via REUTERS)

Melihat kehadiran harimau di kebunnya, korban pun ketakutan. Ia, dikatakan Hadi, coba menyelamatkan diri dengan cara memanjat pohon. Upaya Muhajir tidak berhasil. Harimau dapat menggapai salah satu kakinya.

“Harimau menyerang dari bawah dan mengenai kaki bagian kanan, sehingga menimbulkan luka,” ucap Hadi.

3. Kini korban menjalani perawatan di rumah sakit

Sedang Memanen Cabai, Seorang Petani di Aceh Diterkam HarimauHarimau RIA sedang menjalani rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR-HSD). Dok. IDN Times

Kepala Seksi Wilayah II Subulussalam BKSDA Aceh mengatakan, korban yang mengalami luka pada kaki kanannya akibat gigitan, tidak lama kemudian diberikan pertolongan. Kini, Muhajir sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr H Yulidin Away di Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan.

“Saat ini beliau di rujuk ke Rumah Sakit Tapaktuan, untuk penanganan medis selanjutnya,” kata Hadi.

Baca Juga: Keji! Satu Keluarga Bunuh Sopir Travel, Jasad Dibakar Lalu Ditanam

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya